Bisa Digunakan untuk Menu Diet, Ini Cara Membuat Gelatin Sendiri di Rumah

Fimela Editor10 Apr 2020, 07:00 WIB
[Fimela] ilustrasi gelatin

Fimela.com, Jakarta Penelitian menunjukkan bahwa asam amino dalam gelatin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, menurunkan kadar gula darah dan melindungi usus kamu, untuk itu mengonsumsi gelatin adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh, juga menjaga berat badan kamu. Tapi, bagaimana caranya mendapatkannya?

Tidak perlu khawatr, sebab kolagen yang menjadi komponen utama gelatn dapat diekstraksi hanya dengan merebusnya dalam air. Banyak orang sering melakukan ini ketika mereka membuat kaldu sup untuk menambah rasa dan nutrisi. Gelatin yang diekstraksi selama proses ini tidak berasa dan tidak berwarna. Ini menjadikannya larut dalam air hangat, dan menghasilkan tekstur seperti jeli ketika dingin.

Gelatin dapat dikonsumsi sebagai kaldu tulang atau sebagai suplemen yang tersedia dalam bentuk bubuk atau granula. Gelatin juga dapat dibeli dalam bentuk lembaran. Sayangnya, gelatin tidak cocok dikonsumsi untuk vegan karena terbuat dari bagian-bagian hewan.

Karena gelatin tidak berwarna dan tidak berasa, ini akan sangat mudah untuk dimasukkan dalam menu diet kamu. Kamu dapat membeli gelatin yang dijual di pasaran, atau menyiapkannya di rumah dari bagian hewani. Kamu dapat menggunakan bagian-bagian dari hewan apa pun, tetapi yang paling populer adalah daging sapi, babi, domba, ayam, dan ikan. Melansir dari healthline.com berikut cara membuat gelatin sendiri ketika kamu ingin mencoba membuatnya di rumah.

Bahan dan Cara Membuat

[Fimela] gelatin
gelatin | pixabay.com/users/monfocus-2516394/

Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah: 

1,5 kg tulang hewan dan jaringan ikat

Air yang cukup untuk menutupi tulang

1 sendok makan atau 18 gram garam

Cara membuat:

1. Letakkan tulang dalam tungku atau slow cooker dan tambahkan garam

2. Tuang ke dalam air yang cukup untuk menutupi isinya.

3. Didihkan dan kemudian kurangi panas sampai mendidih.

4. Didihkan dengan api kecil hingga 48 jam. Semakin lama dimasak, semakin banyak gelatin yang akan diekstrak.

5. Saring cairan, dan biarkan hingga dingin dan mengeras.

6. Kikis lemak dari permukaan lalu buang.

Cara ini sangat mirip seperti membuat kaldu tulang, yang juga merupakan sumber gelatin yang melimpah. Gelatin akan disimpan selama seminggu di lemari es, atau setahun di freezer. Gunakan itu untuk dicampur ke dalam gravies dan saus, atau tambahkan ke makanan penutup, kamu juga bisa menambahkannya sebagai bahan pembuat es krim.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat sendiri, maka itu juga bisa dibeli dalam bentuk lembaran, granul atau bubuk. Gelatin yang sudah disiapkan sebelumnya dapat diaduk menjadi makanan panas atau cair, seperti semur, kaldu atau gravies. Jika kamu pecinta makanan manis dan sedang menjalani diet, kamu bisa memasukan gelatin ke dalam smoothie dan yogurt.

#ChangeMaker

Penulis: Iffah Nurahmah

Lanjutkan Membaca ↓