Sukses

Lifestyle

DIY Herbal jadi Minuman Kaya Vitamin Bantu Imun Tubuh dari Corona Covid-19

ringkasan

  • Herbal berkhasiat membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur
  • Yang terpenting adalah diolah dengan tepat dan benar agar mendapatkan khasiat terbaik

Fimela.com, Jakarta Popularitas minuman herbal marak dikaitkan dengan virus corona Covid-19 untuk memperkuat imunitas tubuh. Sebab imunitas tubuh berperan penting sebagai perlindungan agar tidak mudah terinveksi virus penyebab penyakit. 

Namun banyak juga yang menganggap herbal berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit termasuk virus corona Covid-19 lewat informasi yang banyak beredar di masyarakat. Padahal, belum ada bukti klinisnya jika herbal dapat menyembuhkan penyakit.

 

"Hal itu juga disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia di mana pengobatan tradisional mungkin meringankan gejala Covid-19 tapi belum ada penelitian yang menunjukkan dapat mencegah atau menyembuhkan. Meski begitu, manfaat terbesar herbal adalah membantu meningkatkan imunitas tubuh dan dalam pencegahan lain, jalani gaya hidup sehat untuk memutus rantai penularan virus," ujar Sport Nutritionist & Disease Prevention Emilia Achmadi, MS.m RDN., yang disampaikan pada Herbana Workshop.

Selain itu, yang perlu digarisbawahi adalah khasiat dan manfaat herbal tidak bisa dirasakan secara instan, namun membutuhkan waktu untuk dapat diproses oleh tubuh secara alami. Sebab itu, dianjurkan untuk mengonsumsi herbal secara rutin dan teratur.

 

Mengolah dan mengonsumsi herbal jika dikonsumsi dalam bentuk segar

Dan untuk menjaga khasiatnya, herbal harus diolah dengan baik dan benar. Karena jika pengolahan tidak tepat, akan menurunkan bahkan menghilangkan zat-zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut DIY (do it yourself) cara yang tepat untuk mengolah dan mengonsumsi herbal jika dikonsumsi dalam bentuk segar;

1. Siapkan herbal seukuran ibu jari yang masih segar dan belum terkelupas kulitnya

2. Potong-potong herbal setebal 1-2 cm, lalu memarkan

3. Masukkan herbal ke dalam cangkir ukuran 250 ml, lalu seduh dengan air hangat suam-suam kuku (70o celcius).

4. Diamkan selama 4 menit, lalu minum segera sampai habis.

5. Dalam kondisi sehat, minum ramuan herbal 1-2 cangkir dalam sehari.

6. Sisa herbal yang belum diolah harus divakum terlebih dahulu untuk menghindari oksidasi dan paparan sinar ultraviolet.

7. Simpan sisa herbal yang sudah divakum ke dalam kulkas.

8. Menyimpan sediaan herbal dalam waktu lama akan menghilangkan khasiat zat aktif yang ada di dalamnya. Karena itu, disarankan untuk masyarakat menyimpan dalam jumlah yang secukupnya.

Namun jika kita tak memiliki waktu untuk mengolah herbal untuk dikonsumsi secara fresh, ada alternatif lain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima. Yaitu mengonsumsi suplemen herbal siap minum.

"Meski begitu, sebelum membeli produk suplemen herbal, pastikan suplemen tersebut berasal dari herbal yang segar dan berkualitas; mengandung zat aktif yang terjaga khasiatnya dan terukur dosisnya; diproduksi dengan standarisasi Good Manufacturing Practice (GMP); menggunakan teknologi ekstraksi yang canggih sehingga tetap higienis; serta dikemas dan didistribusikan dengan baik dan benar,” ujar Emilia.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading