Isolasi Diri Cegah Penyabaran Virus Corona? Simpan 4 Jenis Makanan yang Tahan Lama untuk Disimpan dalam Keadaan Darurat

Fimela Editor07 Apr 2020, 16:30 WIB
Isolasi Diri Cegah Penyabaran Virus Corona? Simpan 4 Jenis Makanan yang Tahan Lama untuk Disimpan dalam Keadaan Darurat

Fimela.com, Jakarta Menjaga kondisi tubuh selama keadaan darurat di tengah pandemi virus corona membutuhkan perhatian ekstra. Pilihan menu makanan berenergi, bernutrisi dan berprotein tinggi menjadi hal utama. Mengonsumsi makanan bergizi akan membantumu menjaga kesehatan.

"Dalam bencana atau keadaan darurat, kamu tentu tetap perlu mengkonsumsi nutrisi dan serat yang cukup," tutur Barry Swanson, seorang ilmuwan makanan di Washington State University.

Elizabeth Andress, profesor dan spesialis keamanan pangan di University of Georgia menjelaskan, dalam keadaan darurat, umumnya orang-orang cenderung berpikir untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan dasar, tetapi jika merencanakannya dengan benar kamu dapat memiliki beragam jenis persediaan makanan bernutrisi.

Persiapkan makanan yang tidak mudah rusak dan memiliki tanggal kedaluwarsa panjang, sehingga kamu dapat menyimpannya untuk waktu yang lama. Buatlah daftar semua makanan yang ada di dalam persediaan dan periksa tanggal kedaluwarsa setiap 6 hingga 12 bulan. Melansir dari realsimple.com, berikut beberapa makanan terbaik untuk disimpan selama keadaan darurat di tengah masa isolasi diri mencegah penyebaran virus corona.

Selai kacang

Sebagai sumber energi, selai kacang penuh dengan lemak dan protein sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, belilah dua bungkus Jif Natural Creamy Peanut Butter yang tersedia dalam botol 80-ons. Selai kacang alami, rendah natrium, dan bebas gluten. 

Biskuit gandum utuh

Biskuit gandum utuh adalah pengganti roti yang baik dan juga lezat dijadikan menu sandwich. Makanan ini tinggi serat dan merupakan alternatif terbaik untuk menghilangkan rasa lapar karena biskuit gandum utuh termasuk makanan ringan yang paling mengenyangkan. Biskuit panggang memberikan lebih banyak manfaat kesehatan karena dibuat tanpa sirup jagung fruktosa tinggi.

Kacang-kacangan

Selain makanan-makanan di atas, berbagai jenis kacang juga termasuk makanan yang tidak mudah rusak dan perlu untuk disimpan selama keadaan darurat. Siapkan makanan berenergi tinggi dan menyehatkan, carilah wadah berisi vakum yang mencegah kacang mengoksidasi dan kehilangan kesegarannya.

 

Granola bar

Granola bar
Granola bar/ Photo by Alice Pasqual on Unsplash

Sehat dan mengenyangkan, camilan praktis ini biasanya tetap segar setidaknya selama enam bulan. Selain itu, granola bar adalah sumber karbohidrat yang sangat baik.

"Dengan makan granola bar, kamu bisa mendapatkan lebih banyak energi dari karbohidrat tanpa mengkonsumsi berton-ton makanan," tutur Andress.

Beberapa brand menyediakan kemasan berisi 30 bar yang dibungkus sendiri-sendiri dalam beragam rasa seperti selai kacang dan madu. Dengan 16 gram gandum utuh per sajian, bar ini lebih dari cukup untuk membuat perutmu kenyang.

Penulis: Finda

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓