Cara Membuat Puding Roti yang Lembut

Endah Wijayanti05 Apr 2020, 14:15 WIB
puding roti

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang suka banget sama puding roti tawar? Membuatnya sendiri di rumah pun cukup mudah. Hanya saja kadang kalau proses pembuatannya atau langkah-langkah membuatnya kurang tepat, hasilnya puding jadi kurang lembut.

Untuk membuat puding roti yang lembut, ada langkah-langkah yang perlu diikuti. Tidak terlalu sulit kok caranya. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Roti Tawar Direndam dengan Santan Kelapa

Selain memilih roti tawar yang berkualitas bagus, gunakan juga santan kelapa segar. Kita bisa menggunakan santan kelapa instan, tapi akan lebih enak jika menggunakan santan kelapa segar yang baru selesai diperas. Didihkan santan, lalu gunakan santan tersebut untuk merendam roti tawar.

Untuk membuat puding dengan 10 lembar roti tawar, siapkan juga bahan-bahan berikut ini:

  • 6 butir telur ayam
  • 225 gram gula pasir
  • 250 gram mentega, dilelehkan
  • 1/2 kaleng kental manis
  • 750 ml santan
  • kismis sesuai selera

2. Kocok Telur dan Gula Hingga Putih Berjejak

Telur dan gula dikocok sampai berubah warna jadi kaku dan putih berjejak. Kemudian, masukkan larutan kental manis sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu masukkan roti yang sudah direndam. Masukkan mentega cair dan kismis. Aduk rata.

3. Panaskan Kukusan

Siapkan pengukus dan panaskan lebih dahulu. Tuang adonan di dalam wadah anti panas. Lalu, kukus sampai matang. 

4. Panggang Selama 15 Menit

Setelah selesai dikukus, puding roti perlu dipanggang selama kurang lebih 15 menit. Melalui proses pengukusan dan pemanggangan ini, maka puding roti yang dihasilkan bisa lebih lembut.

Tertarik untuk langsung mencoba membuat puding roti sendiri di rumah? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker