Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Gayuh Tri Pinjungwati31 Mar 2020, 19:15 WIB
minyak kelapa

Fimela.com, Jakarta Minyak kelapa adalah minyak yang sangat jenuh yang secara trandisiolan dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Pada suhu kamar minyak bisa membeku, tetapi ketika dipanaskan dapat mencair. Minyak ini sering digunakan untuk memasak atau dapat juga digynakan untuk olesan rambut.

Minyak kelapa kaya akan asam lemak, yang merupakan bentuk lemak jenuh. Faktanya, asam lemak rantai menengah ini membentuk sekitar 65% dari total komposisi. Meskipun minyak kelapa mengandung sekitar 90% lemak jenuh, minyak kelapa juga mengandung sedikit lemak tak jenuh. Satu sendok makan mengandung sekitar 12 gram lemak jenuh dan 1 gram lemak tak jenuh.

Apakah Minyak Kelapa Baik untuk Kesehatan Kulit?

Minyak kelapa adalah jenis lemak yang telah dipuji khasiatnya yang meningkatkan kesehatan. Dari penurunan kadar kolesterol LDL hingga peningkatan fungsi otak pada pasien Alzheimer, minyak kelapa dikaitkan dengan minyak kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menemukan itu mungkin memiliki manfaat untuk kesehatan kulit juga. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan kulit. 

Dapat Membunuh Mikroorganisme yang Berbahaya

Asam lemak dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi terhadap mikroorganisme berbahaya. Ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena banyak jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, selulitis dan folikulitis, yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme ini. Ini karena kandungan asal larutnya, yang membentuk hampir 5-% asam lemak dalam minyak kelapa dan dapat melawan mikroorganisme berbahaya.

Satu studi menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 strain bakteri yang berbeda. Asam larut ditemukan sebagai yang paling efektif dalam mengahmbat pertumbuhan bakteri. Penelitian tabung reaksi lain menunjukkan bahwa asam larut dapat membunuh propionibacterium acnes, sejenis bakteri yang mengarah pada pengembangan peradangan jerawat. Lebih jauh, asam kaprat adalah asam lemak rantai menengah lain yang ditemukan dalam minyak kelapa, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Seperti asam larut, asam kaprat telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang kuat.

Minyak Kepala Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis adalah kompenen utama dari berbagai jenis gangguan kulit termasuk psoriasis, dermatitis dan minyak kelapa mapat mengobati jerawat. Sementara beberapa orang berpikir minyak kelapa menyumbat pori-pori, penelitian yang cukup menunjukkan bahwa itu sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat. Jerawat adalah kondisi peradangan dan banyak obat yang digunakan untuk mengobatinya bekerja dengan menargetkan dan mengurangi peradangan. Karena minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu dalam perawatan jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi jerawat.  Sejumlah peneliti telah menunjukkan bahwa asam laurat, yang menyumbang hampir setengah dari asam lemak dalam minyak kelapa, telah terbukti membunuh strain bakteri yang terkait dengan jerawat.

Minyak kelapa Dapat Melembabkan Kulit Kering

Every Shade Can Wow, Begini Langkah Mudah Pancarkan Kulit Cerah Perempuan Indonesia
Simak yuk trik jitu mencerahkan kulit perempuan Indonesia!

Selain efeknya untuk pada jerawat dan peradangan, mengoleskan minyak kelapa ke kulit juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Satu studi pada pasien dengan kulit kering sampai sedang membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral, sejenis minyak yang terbuat dari minyak bumbi yang sering digunakan untuk merawat merawat kulit kering. Studi dua minggu menemukan bahwa minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan minyak mineral. Ini juga telah terbukti membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit ditandai dengan ruam bersisik dan gatal.

Sebuah studi yang membandingkan efek minyak zaitun dan minyak kelapa pada 52 orang dewasa dengan eksim menemukan bahwa menggunakan minyak kelapa membantu mengurangi kekeringan, selain membantu mengobati eksim. Studi lain menemukan hasil yang sama menunjukkan bahwa minyal kelapa penurunan keparahan eksim 68% sehingga secara signifikan lebih efektif daripada minyak mineral dalam pengobatan eksim.

Minyak Kelapa Dapat Membantu Penyembuhan Luka

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa juga dapat membantu penyembuhan luka. Ditemukan bahwa mengobati luka dengan minyak kelapa murni mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen, protein penting yang membantu penyembuhan luka. Selain meningkatkan penyembuhan luka, sifat antimikroba juga dapat mencegah infeksi, salah satu faktor utama yang dapat mempersulit proses penyembuhan.

Minyak kelapa dapat dikaitkan dengan beberapa manfaat potensial bagi kulit, termasuk mengurangi peradangan, menjaga kulit tetap lembab dan membantu menyembuhkan luka. Jika memiliki kulit berminyak atau sangat sensitif, pastikan untuk memulai secara perlahan untuk menilai toleransi, dan konsultasikan dengan dokter kulit jika memiliki masalah.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓