Sukses

Lifestyle

Cari Informasi, Jangan Lupa Lindungi Data Pribadi Saat Berinternet

Fimela.com, Jakarta Mencari berbagai informasi mengenai apa saja, termasuk virus Corona di internet memang sangat mudah. Selain cepat, ada begitu banyak informasi yang kamu dapatkan mengenai satu topik. 

Berdasarkan survey yang dilakukan We are Social & Hootsuite, rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 7 jam 59 menit per harinya, menggunakan berbagai perangkat. Menurut penelitian ini pula, sadar atau tidak orang membagikan informasi pribadi saat menggunakan internet. 

Termasuk profil, aktivasi online, kondisi kesehatan, lokasi, informasi akun keuangan, dan lainnya. Sayangnya, hal ini sangat berisiko digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Praktik penggunaan data biasanya memang dilakukan banyak perusahaan teknologi sebagai aset untuk mengembangkan produk dan layanan digital. 

Namun, ada banyak juga kasus penyalahgunaan dan pelanggaran data pribadi. Salah satunya, Surveillance Economy. Ini merupakan sistem dimana beberapa perusahaan teknologi yang tidak bertanggung jawab menjual informasi pengguna ke pihak ketiga untuk keuntungan pribadi. Untuk melindungi datamu dari berbagai penyalahgunaan data pribadi saat menggunakan internet, ada beberapa tips dari Mozilla berikut ini. 

Gunakan Data Seperlunya

Jangan sampai kamu memberikan begitu banyak data pribadi yang sebenarnya tidak perlu di-share. Mozilla hanya membutuhkan data yang nantinya digunakan untuk kebutuhan pengguna sendiri. 

Jaga Keamanan Data

Jangan lupa untuk menyimpan data dan tidak memberikan password kepada orang lain. Mozilla sendiri memiliki penggolongan data sesuai kategori, dan memiliki peraturan tegas dalam menyimpan dan menjaga data tersebut secara berkelanjutan. 

Pilih Browser yang Terbuka kepada Penggunanya

Pilih browser yang memiliki Privasi terbuka bagi penggunanya. Seperti Mozilla, yang memiliki Privasi Mozilla. Siapa pun bisa bergabung dalam rapat mingguan Mozilla. Jadi, pastikan kamu memilih browser terpercaya dan terbuka mengenai ketentuan privasinya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading