Jarak Aman dengan Orang Lain saat Social Distancing Cegah Virus Corona

Anisha Saktian Putri01 Apr 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 13:00 WIB
Social Distancing/Unsplash Sammy

ringkasan

  • Social distancing diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona semakin luas
  • Jarak aman antara orang dan orang lainnya ialah 1 hingga 2 meter untuk mencegah terinfeksi virus corona
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selain mencuci tangan dengan sabun, tidak menyentuh bagian wajah, dan menggunakan masker, social distancing atau menjaga jarak sosial pun dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

WHO mengatakan social distancing diperlukan karena saat seseorang bersin maka orang tersebut mengeluarkan tetesan cairan dari hidung dan mulutnya, yang bisa saja mengandung virus corona. Jika cairan tersebut terkena orang lain, maka bisa jadi akan tertular virus corona.

Lalu berapa jarak yang aman anatara satu orang dengan orang yang lain di saat pandemi virus corona? setidaknya sejauh 6 kaki atau 1 sampai 2 meter, terutama saat orang tersebut bersin atau batuk.

Bagaimana cara melakukan social distancing?

Penerapan Social Distancing di Jakarta
Sejumlah masyarakat melakukan jaga jarak aman di area publik di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (18/3-2020). Jaga jarak atau prosedur social distancing measure harus diterapkan kepada masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar untuk memghindari penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dilansir dari laman covid19.go.id, selama ada perintah warga harus tetap berada di rumah. Lakukan kegiatan dari rumah. Bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

Acara-acara besar, seperti pertemuan masyarakat, hiburan, olahraga ataupun bisnis harus ditunda atau dibatalkan.

Mungkin ada yang bertanya: apakah saya boleh ke luar rumah untuk belanja kebutuhan hidup? Bagaimana kalau saya harus berobat? Jawabannya boleh tapi kurangi frekuensi dan waktunya seminimal mungkin. Selalu jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Jangan bersalaman. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan saat kembali pulang ke rumah.

Khusus untuk orang yang berisiko (orang lanjut usia dan orang yang memiliki masalah kesehatan menahun seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, paru-paru dan lain-lain), harus selalu tetap di rumah. Berada di luar rumah, apalagi di tempat umum, sangat berisiko bagi mereka.

Kerja dari rumah saja. Kalau memang betul-betul terpaksa harus ke kantor, jaga jarak minimal 1 meter dan batasi kontak dengan rekan kerja dan patuhi etika bersin/ batuk (tutupi bersin/ batuk dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah).

Jika sekolah anak ditutup sementara, pastikan anak mengikuti instruksi guru untuk belajar di rumah. Jangan biarkan anak pergi luar rumah apalagi ke tempat umum yang ramai orang.

Kalau mengalami gejala virus corona, cari pengobatan medis atau telephon hotline 119 ext. 9. Jika Anda sedang merawat orang sakit di rumah, gunakan masker dan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓