Sejarah April Mop yang Menjadi Hari Berkelakar Sedunia

Karla Farhana01 Apr 2020, 14:00 WIB
[Fimela] april

Fimela.com, Jakarta April Mop atau April Fools Day yang jatuh setiap tanggal 1 April ternyata sudah dirayakan sejak lama. Sahabat Fimela pasti sudah familiar dengan April Mop, kan? Jadi, setiap tanggal 1 April, hampir seluruh dunia merayakannya dengan cara saling membuat pranks. 

Namun, tidak banyak orang tahu bagaimana hari ini dirayakan pada zaman dahulu. Juga, bagaimana awal mula April Mop ini ada dan ditetapkan pada 1 April. Berikut ini beberapa versi sejarah mengenai awal mula didirikannya April Mop pada 1 April.

Dimulai di Perancis

Dilansir daro History.com, para sejarah berspekulasi kalau April Mop ini bermula pada tahun 1582. Dimana Paus Gregorius XIII mengadopsi kalender Gregorian. Hal ini mengakibatkan perpindahan tahu baru. Yang tadinya 1 April, menjadi 1 Januari. 

Sayangnya, zaman dahulu berita belum bisa tersebar dengan begitu cepat. Orang-orang yang belum mendapatkan berita tersebut masih menyangka kalau awal tahun masih jatuh pada 1 April. Mereka terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April. Hal ini menjadi bahan kelakar orang-orang pada zaman dahulu dan menyebutnya April Fool. 

Hilaria

[Fimela] april
april | unsplash.com/@charlesdeluvio

Selain itu, para ahli sejarah juga menyangkutpautkan April Mop dengan berbagai festival. Seperti Hilaria. Hilaria ini merupakan bahasa Latin yang berarti gembira. Festival ini dirayakan di masa Roma Kuno, pada akhir Maret dan diikuti para pengikut Cybele. 

Saat merayakannya, orang-orang mengenakan pakaian aneh untuk meledek atau mengkritisi masyarakat bahkan para hakim. 

Penyebaran Perayaan April Mop

 

April Mop menyebar ke hampir seluruh dunia lewat Inggris di abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi ini dirayakan selama 2 hari. Mereka memulainya dengan berburu Gowk, atau jenis burung yang menjadi simbol kebodohan dan lelucon di sana. 

Inggris yang kemudian menjajah banyak negara, seperti negara-negara di Afrika, Amerika, dan Asia di dekade tersebut pun menyebarkan perayaan ini. 

Jadi, itulah beberapa versi sejarah April Mop. Menurutmu, mana versi yang paling masuk akal?

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓