Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Virus Corona dengan 6 Makanan Sehat yang Bertahan Lama

Fimela Editor08 Apr 2020, 17:30 WIB
Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Virus Corona dengan 6 Makanan Sehat yang Bertahan Lama

Fimela.com, Jakarta Menghadapi pandemi virus corona yang terus berlanjut membuat kita sadar betapa pentingnya imunitas tubuh. Melalui beragam makanan sehat yang rutin dikonsumsi hal ini dapat kita capai. Namun beberapa kendala seperti himbauan isolasi diri guna mencegah penyebaran virus corona agar tak kian meluas membuat kita tak bisa terlalu sering ke luar rumah. Termasuk untuk membeli beragam kebutuhan pangan ke supermarket. 

Menyiasati hal ini, ada beberapa pilihan makanan sehat yang dapat disimpan dan bertahan lama. Sehingga kamu tak perlu terlalu sering pergi ke supermarket. Bahkan beberapa toko kebutuhan online menyediakannya, praktis bukan?

Secara umum, semakin banyak makanan itu di proses, semakin tinggi kandungan lemak, garam, gula, kalori, dan juga kolesterol. Sedangkan kandungan vitamin, mineral, phytochemical, dan seratnya akan semakin rendah. Untuk itu, kamu dapat memillih makanan berjenis biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan dan lain sebagainya yang tidak melalui proses pengolahan rumit.

Melansir dari realsimple.com, berikut adalah beberapa makanan sehat yang lebih tahan lama untuk disimpan dan menjadi bahan pangan peningkat imunitas tubuh guna mencegah virus corona.

1. Kurma

Menambahkan potongan kurma adalah cara yang tepat untuk mempermanis smoothie ataupun makanan kamu yang lain. Kurma dapat disimpan pada suhu kamar dalam wadah kedap udara selama beberapa bulan bahkan hingga satu tahun.

2. Kacang almond

Almond mengandung asam lemak monosaturasi, sumber vitamin E dan juga serat. Almond dapat bertahan hingga satu tahun saat disimpan di lemari es. Kamu dapat mengonsumsinya sebagai camilan sore hari atau untuk membuat susu almond sendiri.

3. Oat

Oat adalah sumber serat yang sangat baik, dapat membantu menjaga kadar kolesterol, mengandung vitamin, mineral, dan juga protein. Oat yang belum dibuka dapat disimpan di tempat yang sejuk dan kering hingga empat bulan.

4. Beras merah

Kandungan beras merah terdiri dari serat, vitamin E, dan berbagai antioksidan. Beras merah yang belum dibuka dapat bertahan selama satu tahun pada suhu kamar. Setelah dibuka seharusnya akan tetap bertahan selama sekitar enam bulan.

5. Biji Chia

Banyak kandungan baik dalam biji chia, salah satunya serat dan kalsium. Ketika disimpan dalam wadah kedap udara, biji chia akan tetap segar hingga satu tahun. Kamu dapat mencampurnya ke dalam segelas smoothie.

 

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun
Minyak zaitun/ Photo by Roberta Sorge on Unsplash

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik. Kamu dapat menggunakannya untuk membakar roti, mencampurkannya dengan salad ataupun bahan masakan lainnya. Minyak zaitun yang belum dibuka akan bertahan pada suhu kamar selama satu tahun. Sedangkan ketika sudah dibuka, itu akan bertahan selama enam bulan.

Penulis: Dina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓