6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Menyiksa Diri

Kezia Prasetya Christvidya01 Apr 2020, 12:50 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 12:50 WIB
fat-kezo

Fimela.com, Jakarta Mengecilkan perut buncit dengan diet merupakan hal yang susah dilakukan. Perut buncit bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Kebanyakan orang banyak melakukan diet ekstrim, untuk mengecilkan perut buncit. Tanpa sadar hal tersebut malah merugikan mereka.

Dilansir dari healthline.com, Perut buncit dapat disebabkan karena banyak hal. Gaya hidup yang buruk, memakan junkfood, meminum alkohol dapat meyebabkan perut buncit. Walaupun cara menghilangkan perut buncit lumayan susah dilakukan tapi tidak ada salahnya mencoba tips ini.

Yuk, simak cara menghilangkan perut buncit dengan cara mudah dan praktis di bawah ini.

Menghindari Makanan dan Minuman Manis

ilustrasi gula/pixabay
ilustrasi gula/pixabay

Pada dasarnya, gula tidak sehat untuk kesehatan. Memakan dan meminum yang manis akan membuat perut buncit. Buah-buahan dan nasi juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun, gula tambahan atau pemanis buatan lebih sering kita konsumsi. Contohnya gula cair.

Mengkonsumsi gula tambahan dalam jumlah banyak, akan menyebabkan timbunan lemak dalam perut. Timbunan lemak tersebut lama kelamaan menyebabkan kita obesitas. Tanpa disadari, minuman kemasan yang sering diminum dan minuman alkohol, memiliki banyak sekali kandungan gula tambahan.

Untuk itu, sebisa mungkin minimalkan konsumsi gula. Penggunaan gula tambahan dapat diganti dengan gula asli. Contohnya jika kalian membuat jus buah, tidak usah menambahkan gula lagi. Karena buah sudah memiliki kandungan gula yang tinggi.

Mengkonsumsi Protein

ilustrasi daging/pixabay
ilustrasi daging/pixabay

Protein merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein memiliki fungsi yang banyak untuk tubuh. Konsumsi protein juga dapat menahan rasa lapar.  Protein memiliki 2 sumber yaitu nabati dan hewani.

Menurut ketentuan Kementrian Kesehatan, kebutuhan protein harus tercukupi setiap hari. Lelaki dapat mengkonsumsi 62 persen hingga 65 persen protein sehari. Perempuan hanya dapat mengkonsumsi protein sebesar 56 persen hingga 57 persen sehari.

Jika kalian ingin mengkonsumsi protein, makanlah protein dari berbagai sumber. Protein hewani bisa kalian dapatkan pada daging sapi, daging ayam atau telur. Usahakan jangan memakan protein olahan seperti sosis. Untuk protein nabati, kalian bisa temukan di kacang-kacangan, tempe, tahu dan lain sebagainya.

Mengkonsumsi Karbohidrat

ilustrasi kentang/freepik
ilustrasi kentang/freepik

Jika kalian ingin diet, kalian jangan tinggalkan karbohidrat. Kalian dapat mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat. Kalian juga dapat mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat.

Setengah karbohidrat yang kalian kurangi dapat diganti dengan protein. Nasi tetap boleh di konsumsi waktu diet. Namun, hanya porsinya saja yang harus dikurangi. Banyak makanan yang rendah karbohidrat dan bisa dikonsumsi. Contohnya seperti ubi-ubian, oatmeal dan kentang.

Tujuan utamanya mengurang karbohidrat adalah untuk mengurangi lemak. Namun jika kalian sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat, maka massa otot kalian akan berkurang. Selain mengurangi lemak, diet yang benar dapat membantu menambahkan masa otot.

 

Mengkonsumsi Makanan yang Kaya akan Serat

ilustrasi serat/pixabay
ilustrasi serat/pixabay

Kandungan serat tinggi dapat kalian temukan pada sayur dan buah. Menurut penelitian, mengkonsumsi serat 30gram sehari dapat menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah dan memperbaiki insulin. Mengkonsumsi serat dapat membantu kamu menahan rasa lapar.

Serat tidak dapat dicerna dalam tubuh. Namun, serat berperan penting untuk bakteri baik dalam usus. Mengkonsumsi serat dapat membantu melancarkan BAB.

Sebaiknya harus mengkonsumsi serat alami. Karena banyak sekali suplemen yang mengandung serat buatan. Jika kamu mengkonsumsi buah dan sayur, selain mendapatkan serat alami, kamu juga akan mendapatkan nutrisi lainnya.

Olahraga Rutin

ilustrasi olahraga/unsplash
ilustrasi olahraga/unsplash

Selain diet, olahraga merupakan cara mengecilkan perut buncit yang baik. Olahraga dipercaya mampu menyehatkan fisik maupun pikiran. Memiliki tubuh yang bagus harus diimbangi juga dengan olahraga.

Olahraga akan membantu tubuh untuk membakar lemak. Olahraga juga dapat membantu pertumbuhan otot. Olahraga dapat mengecilkan perut, namun belum tentu mengurangi berat badan kamu. Karena dengan berolahraga, massa otot kamu akan bertambah.

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Olahraga dapat kamu lakukan di rumah saja. Kamu bisa menyusun jadwal olahraga di rumah. Tetapi jangan sampai melakukan olahraga yang ekstrim ya. Lakukan olah raga sesuai kebutuhan tubuh kamu. Jika ingin mengecilkan perut, kamu bisa focus olahraga di perut.

Menghitung Kalori Makan

ilustrasi kalori/pixabay
ilustrasi kalori/pixabay

Banyak cara mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan. Namun, jangan lupa menghitung kalori makanan yang masuk ke perut. Makanan yang masuk ke perut memiliki jumlah kalori yang berbeda.

Jika kita memakan kalori yang lebih banyak untuk tubuh, maka tubuh akan menyimpan kalori tersebut menjadi lemak. Kondisi tersebut akan mengakibatkan perut menjadi buncit. Jadi cara mengecilkan perut buncit bisa kalian lakukan dengan makan sesuai kalori defisit kamu.

Banyak rumus untuk menghitung kebutuhan kalori defisit kamu. Tapi jangan terlalu pusing akan kalori tersebut. Kalian bisa mengkontrol kalori defisit dengan mengurangi setengah porsi makanan harianmu.

Ubah Pola Hidup Sehat

ilustrasi masak/freepik
ilustrasi masak/freepik

Diet merupakan cara untuk mengatur pola makan. Untuk mencapai hasil yang maksimal, harus rutin dan konsekuen menjalani diet. Jangan lupa diimbangi dengan olahraga juga ya, sahabat fimela!

Lanjutkan Membaca ↓