Cegah Penularan Virus Corona, Ini Daftar Restoran yang Tidak Menerima Layanan Dine In

Vinsensia Dianawanti01 Apr 2020, 12:30 WIB
Ilustrasi delivery makanan

Fimela.com, Jakarta Akibat penyebaran virus corona membuat usaha restoran harus ambil sikap. Sehingga para pelanggan setianya tidak tertular virus corona ini.

Salah satu upaya untuk tetap menjaga higienitas sembari tetap menjalankan bisnisnya, sejumlah restoran pun tidak memberlakukan layanan makan di tempat atau Dine-in. Sebagai gantinya, pelanggan masih bisa menikmati makanan restoran tersebut dengan layanan take away atau layanan pesan antar.

Layanan Take Away ini bisa dilakukan melalui Drive-Thru, ojek online, maupun layanan pengiriman resmi dari restoran tersebut. Restoran mana saja yang memberlakuka layanan take away ini? Sampai kapan layanan ini akan berlaku? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. McDonald's

Mengutip dari siaran tertulisnya, McDonald's menutup sementara layanan makan di tempat yang dimulai pada 1 April 2020. Penutupan layanan ini akan berlaku hingga 14 hari ke depan atau hingga 14 April 2020. Namun kebijakan ini akan kembali disesuaikan dengan mempertimbangkan situasi darurat virus corona yang ditetapkan oleh pemerintah.

McDonald's pun mewajibkan untuk tidak melakukan kontak fisik sama sekali pada sistem pembayaran dengan menggunakan dua kantung plastik. Satu kantung untuk pembayaran dan satu kantung lagi untuk uang kembalian. Selain itu, McDonald's pun meningkatkan SOP untuk menjaga kebersihan ruang dapur hingga kebersihan karyawannya.

2. Starbucks

Untuk mendukung gerakan #DiRumahAja, Starbucks meniadakan layanan makan di tempat. Starbucks hanya menerima layanan pesan antar di gerai tertentu. Terlihat dari kursi dan meja yang tidak disiapkan seperti biasanya. Selain itu, untuk mengurangi potensi penyebaran virus, Starbucks menghentikan sementara penggunaan tumbler pribadi.

3. KFC

Dengan kampanye #StaySafe, KFC mengurangi kontak fisik antara pelanggan dan karyawan dengan meniadakan layanan Dine-In. Sebagai gantinya, kamupun bisa menggunakan KFC Home Delivery, Drive Thru, maupun ojek online. Hal ini dilakukan agar KFC bisa menjamin makanan dan minuman yang dipesan tetap terjaga higienitasnya.

 

4. Carl's Jr

[Fimela] Restoran Cepat Saji
Ilustrasi Restoran Cepat Saji | unsplash.com/@angelovisuals

Merespon anjuran pemerintah terkait penyebaran virus, Carl's Jr mengubah jam operasional di sejumlah gerai. Beberapa gerai pun meniadakan sama sekali layanan Dine-In dan digantikan dengan layanan pesan antar menggunakan ojek online. Sementara, gerai yang berada di mall yang tutup, juga terpaksa harus tutup mengikuti jam operasional mall.

5. Burger King

Burger King mengajak pelanggannya untuk lebih mengutamakan menggunakan layanan pesan antar. Selain lebih memudahkan pelanggan, penggunaan layanan pesan antar juga meminimalisir kontak dari luar. Burger King memberlakukan promosi gratis ongkos kirim.

6. Bakmi GM

Selain menutup sejumlah gerainya, Bakmi GM juga meniadakan layanan makan di tempat untuk seluruh gerainya mulai 1 April 2020. Pelanggan pun bisa memesan makanan dan minuman dari restoran ini dengan layanan take away atay pesan antar di seluruh wilayah.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓