Orang Menderita Asma Rentan Terinfeksi Virus Corona, Ini Alasannya

Febi Anindya Kirana01 Apr 2020, 16:11 WIB
perempuan asma

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang terlahir dengan kondisi tubuh mengalami masalah kesehatan sistem pernapasan, seperti misalnya asma. Ada juga orang yang mengembangkan asma ketika ia tumbuh menjadi dewasa. Baik tipe pertama maupun yang kedua, seperti dinyatakan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dua-duanya memiliki risiko lebih besar terinfeksi virus corona.

Ada beberapa alasan mengapa penderita asma harus lebih berhati- hati menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi virus corona.

1. Sama-sama menyerang sistem pernapasan

Secara umum, masalah utama asma adalah pada sistem pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru, dan virus corona juga akan menginfeksi saluran pernapasan yang berpusat pada paru-paru.

2. COVID-19 parah menyebabkan pneumonia

Ketika sudah parah, penyakit COVID-19 juga dapat menyebabkan pneumonia dan penyakit pernapasan akut, yang bisa berdampak lebih serius pada penderita asma.

3. Asma adalah penyakit radang

covid-19
ilustrasi covid-19/copyright by Jarun Ontakrai (Shutterstock)

Seperti dikatakan ahli paru Rumah Sakit St. Joseph di Orange County, Jack Stewart, dalam Health.com bahwa asma merupakan penyakit radang, yang menginfeksi pernapasan dan gejalanya bisa muncul mendadak. COVID-19 akan sangat berbahaya untuk penderita asma karena lebih mudah memicu serangan yang memburuk makin cepat.

4. Sistem imun lemah akan memperparah

Secara umum sistem kekebalan tubuh penderita asma tidak sebaik orang yang sehat. Orang yang menderita penyakit asma yang tidak menjaga kesehatan dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih mudah terinfeksi virus corona.

Itu dia sekian alasan mengapa penderita asma lebih rentan mengalami COVID-19 dan sebaiknya menjaga kesehatan lebih ketat dan baik selama pandemi masih belum mereda.

Hingga saat ini seperti ditemukan dalam jurnal Allergy terhadap 140 orang yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 di Cina menemukan bahwa asma bukanlah faktor risiko terinfeksi virus corona. Meski demikian, penderita asma tetap tak boleh mengabaikannya. Kita yang sehat juga tetap harus menjaga kesehatan ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓