6 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Perempuan

Gayuh Tri Pinjungwati02 Apr 2020, 11:45 WIB
kesuburan

ringkasan

  • Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan
  • Porsi Sarapan yang Besar
  • Mengonsumsi Lebih Banyak Serat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Masalah kesuburan memengaruhi hingga 15% dari pasangan. Untungnya, ada beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan dan lebih cepat hamil. Faktanya, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu meningkatkan kesuburan hingga 69%. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan supaya segera hamil.

Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan untuk pria dan perempuan. Antioksidan menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel sperma dan sel telur. Satu penelitian terhadap pria dewasa muda menemukan bahwa mengonsumsi 75 gram kenari kaya antioksidan per hari, mampu meningkatkan kualitas sperma. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang, dan biji-bijian dikemas penuh dengan antioksidan bermanfaat seperti vitamin C, dan E, folat, beta karoten, dan lutein.

Porsi Sarapan yang Besar

Sarapan yang banyak dapat membantu perempuan dengan masalah kesuburan. Satu studi menemukan bahwa sarapan dengan porsi yang lebih besar dapat meningkatkan efek hormonal sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab  utama infertilitas. Untuk berat badan normal dengan PCOS, mengonsumsi sebagian besar kalori mereka saat sarapan mengurangi kadar insulin sebesar 8% dan kadar testosterone sebesar 50%. Tingkat tinggi dari keduanya dapat berkontribusi pada infertilitas. Selain itu perempuan yang sarapan dengan porsi besar mengalami ovulasi 30% lebih banyak daripada yang sarapan dengan porsi kecil.

Hindari Lemak Trans

Makan lemak sehat setiap hari adalah penting untuk meningkatkan kesuburan. Namun, lemak trans dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas ovulasi, karena efek negatifnya pada sensitivitas insulin. Lemak trans umunya ditemukan dalam minyak sayur terhidrogenasi dan biasanya hadir dalam beberapa margarin, makanan yang digoreng, produk olahan dan makanan yang dipanggang. 

Kurangi Karbohidrat

Susah hamil
Studi kuak kesuburan wanita yang terlalu aktif bekerja dan suka angkat beban berat terancam berkurang secara drastis.

Mengikuti diet rendah karbohidrat umunya direkomendasikan untuk perempuan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Diet rendah karbohidrat dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi kadar inulin dan mendorong penurunan lemak, sambil membantu keteraturan haid.

Mengonsumsi Lebih Banyak Serat

Serat membantu tubuh membuang hormon berlebih dan menjaga keseimbangan gula darah. Beberapa contoh makanan tinggi serat adalah biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Jenis serat tertentu dapat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Estrogen yang berlebih kemudian dikeluarkan dari tubuh sebagai kotoran.

Luangkan Waktu untuk Bersantai

Ketika tingkat stres meningkat, peluang untuk hamil mungkin menurun. Ini kemungkinan karena perubahan hormon yang terjadi ketika merasa stres. Memiliki pekerjaan yang membuat stres dan bekerja berjam-jam dapat meningkatkan waktu yang diperlukan untuk menjadi hamil. Bahkan stres, kecemasan, dan depresi mempengaruhi sekitar 30% perempuan yang sering konsultasi pada dokter.

Nutrisi yang baik sangat penting untuk tubuh yang sehat dan sistem reproduksi. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan bergizi dan membuat perubahan gaya hidup positif dapat membantu meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh untuk hamil.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓