Pernikahan Membuka Fase Baru dalam Hidup, tapi Teman Lama Jangan Dilupakan

Endah Wijayanti02 Apr 2020, 11:15 WIB
sahabat makin dewasa

Fimela.com, Jakarta Ya, pernikahan akan membuka fase baru dalam hidup. Ada peran baru yang harus dijalani. Berbagai prioritas baru pun perlu diatur lagi. Ada banyak hal yang harus disesuaikan kembali.

Yang cukup sering terjadi, setelah menikah, kita akan makin berjarak dengan teman lama. Hal ini memang kadang tak bisa dihindari. Karena waktu kita sudah terbagi untuk urusan rumah tangga, maka seringkali waktu kita untuk teman-teman atau sahabat kita pun jadi berkurang. Supaya tak kehilangan pertemanan setelah pernikahan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Manfaatkan Teknologi

Kita bisa membuat grup di What’s App. Masih bisa saling terhubung di media sosial. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk menjaga komunikasi yang baik dengan teman-teman kita. Walau makin jarang tatap muka, tapi komunikasi masih bisa dijaga. Sekadar tanya kabar atau menggosipkan hal baru pun bisa dilakukan dengan bantuan gawai.

2. Pahami Prioritas yang Mulai Berbeda

Dulu mungkin kita masih bisa punya lebih banyak waktu untuk nongkrong atau ngobrol dengan teman-teman kita. Kini, karena sudah punya prioritas yang berbeda, maka penting untuk bisa lebih memahami. Tak perlu merasa sedih berlebihan jika kita terpaksa membatalkan janji bertemu dengan teman karena ada urusan di rumah tangga yang lebih penting.

3. Terima Perubahan yang Terjadi

pertemanan persahabatan
ilustrasi./copyright By Aliaksandr Barouski (Shutterstock)

Lingkaran pertemanan kita mungkin akan semakin mengecil. Tak apa. Semakin dewasa, jumlah teman bisa makin tersaring. Perubahan intensitas ketemu dan saling bertanya kabar juga mungkin berkurang. Namun, hal itu takkan mengurangi kualitas ikatan pertemanan yang ada. Kita perlu lebih terbuka dalam menerima perubahan yang terjadi.

4. Tetap Rayakan Momen-Momen Penting

Di setiap momen hari ulang tahun, tetaplah saling menyampaikan doa. Walaupun tak lagi bisa membuat pesta kejutan, tapi sebentuk perhatian dengan memberi doa-doa terbaik di setiap momen penting bisa membantu menjaga hubungan pertemanan yang ada. Terpisah jarak dan prioritas yang sudah berbeda satu sama lain, jangan sampai membuat kita abai terhadap momen-momen penting yang ada.

Setelah menikah, dunia kita memang akan tampak berbeda. Namun, jangan sampai kita melupakan sosok teman dan sahabat yang lebih dulu mengenal kita. Semoga pertemanan tetap terjaga walaupun sudah menikah, bahkan jika bisa harapannya dapat semakin menguat.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓