5 Penyebab Muncul Rasa Benci dalam Hubungan

Endah Wijayanti02 Apr 2020, 12:45 WIB
keretakan

ringkasan

  • Hubungan Terasa Hanya Satu Pihak
  • Kurangnya Penyesuaian Satu Sama Lain
  • Ekspektasi yang Tidak Terpenuhi
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang awalnya terasa baik-baik saja kini terasa tak nyaman. Bahkan terhadap pasangan, muncul rasa benci yang membuat kita tak nyaman. Makin lama makin sering bertengkar. Rasanya makin berjarak dengan pasangan yang tadinya begitu kita cintai.

Apa penyebab muncul rasa benci dalam sebuah hubungan? Melansir momjunction.com, ada lima hal yang menjadi penyebabnya. Coba kita ungkap satu per satu dan sebisa mungkin hindari situasi ini agar hubungan bisa tetap terjaga dengan baik.

1. Hubungan Terasa Hanya Satu Pihak

Kamu selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk pasanganmu. Kamu selalu berusaha memenuhi semua permintaannya. Namun, ternyata pasanganmu tak cukup peka dan peduli padamu. Dalam hal ini, hubungan terasa hanya satu pihak saja. Berat sebelah. Sehingga ada rasa kecewa yang kemudian menjadi rasa benci.

2. Kurangnya Penyesuaian Satu Sama Lain

Tidak ada rasa pengertian satu sama lain. Tak mau saling menyesuaikan diri satu sama lain. Masih terlalu egois menuruti dan mengikuti keinginan pribadi. Padahal dalam sebuah hubungan, penting adanya sikap saling pengertian dan menyesuaikan sebab bagaimana pun kita dan pasangan adalah dua individu berbeda.

3. Ekspektasi yang Tidak Terpenuhi

bertengkar dengan pasangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sebuah hubungan biasanya diawali dengan sejumlah standar dan ekspektasi. Ketika ekspektasi tak terpenuhi, maka akan muncul rasa kecewa. Apalagi bila pengorbanan yang kita lakukan ternyata tak dihargai sama sekali oleh pasangan, harapan kita tak terpenuhi.  Perasaan benci pun perlahan muncul dan mengganggu kenyamanan dalam hubungan.

4. Masih Menyimpan Dendam

Ada kesalahan dari masa lalu yang belum kamu maafkan sepenuhnya. Ada dendam yang masih tersimpan di dalam dirimu. Jika tak segera diselesaikan dengan baik, dendam yang tersimpan itu akan memicu rasa benci yang pastinya membuat hubungan jadi terasa tidak nyaman.

5. Tidak Menghargai Usaha Masing-Masing

Sebagian orang menerima segalanya dari pasangan begitu saja. Tak ada usaha untuk menyampaikan apresiasi atau terima kasih. Tidak ada upaya untuk saling menghargai upaya satu sama lain bisa menumpuk berbagai emosi negatif. Rasa benci pun akan menggantikan rasa cinta yang tadinya begitu kuat.

Saat muncul rasa benci, coba ambil jeda untuk melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk lebih terbuka dalam komunikasi, bila perlu saling memaafkan satu sama lain. Kemudian ambil jalan tengah yang terbaik dalam hubungan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓