Bikin Kangen, Inilah 10 Es Krim dan Snack Jadul yang Pernah Hits pada Zamannya

Imelda Rahma02 Apr 2020, 13:38 WIB
Makanan Jadul

Fimela.com, Jakarta Kehadiran Es Krim Viennetta menjelang Ramadan jadi kejutan tersendiri bagi mereka, generasi 90-an. Es Krim ini merupakan produk andalan Wall’s yang amat populer pada eranya. Tidak heran, kehadirannya mengobati rasa rindu banyak orang.

Kemunculan Es Krim Viennetta dipicu oleh banyaknya permintaan masyarakat yang ingin es krim tersebut diproduksi kembali. Tagar #KembalikanViennetta yang viral di Twitter akhirnya mendapat respon yang baik dari PT Unilever yang membawahi Walls.

PT Unilever akhirnya memutuskan untuk memproduksi kembali es krim viennetta dengan jumlah terbatas dan rencananya akan dimunculkan menjelang bulan suci Ramadan. Tentunya ini menjadi kabar gembira dan angin segar ditengah kepanikan masyarakat menghadapi pandemic Covid-19.

Tapi tahukah kamu, bukan hanya es krim viennetta saja yang pernah hitz pada zamannya, ada banyak varian es krim jadul lainnya yang bikin kangen. Selain es krim, snack jadul juga menjadi makanan yang selalu dirindukan.

Berikut Fimela.com akan merangkum 5 es krim dan snack jadul yang pernah hitz pada jamannya. Bagi kamu yang ingin bernostalgia, simak deretannya berikut ini.

Es Krim Kado

Es Krim Kado
Ilustrasi Es Krim Kado Credit: pexels.com/KarleySaagi

Es krim jadul yang pertama dan pastinya paling familiar adalah es kado, es tusuk persegi panjang dengan banyak varian rasa. Es ini sangat sederhana dan biasanya disajikan tanpa topping tetapi rasanya sangat memorable.

Es kado terbuat dari campuran santan dan perisa yang diberi tusukan lidi dan dibungkus dengan kertas kado warna -warni. Varian rasa yang paling sering dijumpai adalah rasa cokelat. Biasanya es krim ini dulu dijajakan dengan sepeda setiap sore.

Es Krim Dung Dung

Es Krim Dung Dung
Ilustrasi Es Krim Dung Dung Credit: pexels.com/Lukas

Selanjutnya, es krim jadul yang pernah hitz pada jamannya ialah es krim dung dung, pelopor es krim modern saat ini. Nama ‘dung dung’ diambil dari suara gong yang dipukul oleh penjualnya sebagai penanda ia datang.

Sama seperti es kado, es ini dibuat dengan campuran santan dan perisa, biasanya penjual hanya menyajikan beberapa varian rasa saja, seperti cokelat dan strawberi. Es ini disajikan dengan cone atau roti tawar berukuran kecil lalu kedua bulatan es ditumpuk secara bersamaan.

Es Doger

Es Doger
Ilustrasi Es Doger Credit: pexels.com/Cheresa

Es doger bisa menjadi salah satu deretan es krim jadul yang pernah hitz pada jamannya. Es yang berasal dari Cirebon ini sangat cocok disuguhkan pada siang hari saat cuaca sedang panas. Serutan es batu dan lelehan susu kelapa dingin dicampur sirup serta beberapa topping membuat es doger punya banyak penggemar, dari anak – anak hingga dewasa.

Es ini memadukan aroma sirup dan santan sehingga memiliki bau yang harum dan khas. Jika kamu teratrik untuk mencari es ini, sebenarnya masih bisa kamu temui dibeberapa pedesaan di Jawa Barat, biasanya penjuanya menggunakan sepeda dan kentungan untuk menjajakan es doger.

Es Mambo

Es Mambo
Ilustrasi Es Mambo Credit: Liputan6.com/@Journeyoffoodlook

Deretan keempat ada es mambo, es krim jadul yang sangat terkenal dikalangan anak sekolah dasar. Es ini terbuat dari bubur kacang ijo dan ketan hitam yang dibekukan. Biasanya anak-anak akan menyantapnya selagi beku dan masih beruap dingin.

Es ini sangat digemari karena harganya sangat murah dan rasanya sangat enak. Es mambo biasanya dijajakan pada waktu istirahat maupun pulang sekolah, hingga kini es mambo masih bisa kamu temukan di pedesaan.

Es Serut Pelangi

Es Serut Pelangi
Ilustrasi Es Serut Pelangi Credit: Liputan6.com/dok.MasakTVHenry

Es serut pelangi jadi es krim terakhir yang masuk list es krim jadul paling hitz pada jamannya. Es krim ini paling simple dibandingkan es krim yang lain bahkan ia tidak menggunakan santan sebagai bahan dasarnya.

Es serut pelangi hanya menggunakan es batu yang diserut lalu dilumuri berbagai macam sirup rasa dan ditambahkan beberapa topping diatasnya. Sama seperti es mambo, es ini juga sangat populer dikalangan anak sekolah. Es ini masih dijual di pedesaan jika kamu tertarik untuk mencobanya.

Setelah kelima es krim jadul tadi, selanjutnya ada 5 snack jadul yang pernah hitz pada jamannya, simak apa saja snack-snack tersebut berikut ini.

Arum Manis

Arum Manis
Ilustrasi Arum Manis Credit: pexels.com/SatoshiHirayami

Snack jadul yang pernah hitz pada jamannya dan masih bertahan hingga saat ini ialah arum manis. Kamu bisa temui pedagang yang menjual arum manis dengan mudah di pasar malam. Bahkan arum manis sendiri sudah ada yang diproduksi modern dan dijual di toko – toko roti dan swalayan.

Arum manis sangat digemari karena teksturnya yang begitu lembut seperti kapas dan rasanya yang sangat manis. Beberapa orang berpendapat bahwa arum manis memiliki efek yang sama seperti coklat, dapat mengubah mood seseorang karena rasanya yang manis.

Gulali

Gulali
Ilustrasi Gulali Credit: Brilio.net

Siapa yang tidak kenal dengan snack atau jajanan yang satu ini, gulali namanya. Jajanan yang tidak pernah absen ditiap sekolah ini pasti jadi favorit banyak orang. Teksturnya padat dan rasanya yang manis memang selalu jadi andalan mengapa gulali tidak lekang oleh waktu.

Gulali punya banyak varian rasa dan biasanya disajikan dengan topping seperi kacang dan ceres. Buat kamu yang rindu dengan gulali tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa menemukannya dengan mudah di pasar malam.

 

Coklat ChaCha

Coklat ChaCha
Ilustrasi Coklat Chacha Credit: pexels.com/caio

Coklat Chacha bisa dibilang merupakan snack favorit yang sering dibeli banyak anak sekolah dan masih bisa kamu temui di toko -toko swalayan terdekat. Snack ini berisi coklat yang berukuran bulat kecil berwarna warni.

Rasanya yang manis dan sensasi ketika menggigitnya jadi alasan kenapa coklat chacha disukai banyak orang, baik anak-anak hingga dewasa. Coklat chacha juga tersedia dalam berbagai ukuran dari yang kecil sampai jumbo, dan harganya masih terjangkau.

Permen Lolipop

Permen Lolipop
Ilustrasi Permen Lolipop Credit: pexels.com/SombenChea

Deretan snack jadul yang pernah hitz selanjutnya ialah permen lollipop, permen klasik dengan bentuknya yang khas. Permen lollipop tidak hanya enak dimakan tetapi juga bentuknya sangat cantik sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu properti foto.

Permen ini biasanya dijual dengan berbagai ukuran dan juga berbagai warna. Masih bisa kamu temui dengan mudah di toko-toko tertentu atau pasar malam. Harganya yang terjangkau juga jadi alasan kenapa permen ini banyak digemari sampai sekarang.

Permen Karet Yosan

Permen Karet Yosan
Ilustrasi Permen Karet Credit: pexels.com/TopheeMarquez

Terakhir, snack jadul yang pernah hitz pada jamannya ialah permen yosan, permen karet yang satu ini sangat legendaris. Banyak anak sekolah dulu membelinya bukan hanya karena rasanya yang manis tetapi juga menantikan tebak-tebakan yang ada pada bungkusnya.

Permen karet ini masih dijual dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, baik secara online maupun kamu membeli langsung di pasar terdekat. Biasanya permen karet yosan dikunyah untuk menahan rasa bosan dan rasa kantuk karena gelembungnya yang besar.

Lanjutkan Membaca ↓