Sukses

Lifestyle

Anti Tekor Siapkan Amplop Lebaran, 5 Cara Ini Dijamin Bikin Pengeluaran Nggak Dobel-Dobel

Fimela.com, Jakarta Buat yang sudah bekerja, hari Lebaran mendatangkan dilema tersendiri. Di satu sisi siapa pun akan happy menerima THR alias Tunjangan Hari Raya, tapi di sisi lainnya sejumlah uang ini seringkali habis dengan cepat salah satunya saat mempersiapkan amplop untuk saudara dan kerabat. Sesekali nggak ada salahnya berbagi kebahagiaan di hari yang istimewa ini tanpa takut berubah tekor, begini caranya.

Anggap sebagai Sedekah

Bagi-bagi amplop Lebaran memang sudah jadi tradisi di tanah air. Biasanya dibagikan oleh orangtua atau mereka yang sudah bekerja pada anggota keluarga atau kerabat yang lebih muda, nggak sedikit yang malah kehabisan uang saking asyiknya berbagi. Pertama, abaikan gengsi apalagi pamer jumlah uang yang dibagikan, tapi anggap budaya unik ini sebagai bagian dari sedekah.

Atur Anggaran

Mudik ke kampung halaman demi bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dan kerabat memang jadi momen yang ditunggu-tunggu. Tapi dana yang dihabiskan untuk momen langka ini memang cukup besar. Bukan hanya tersedot untuk biaya transportasi, tapi juga kebutuhan lainnya seperti oleh-oleh hingga amplop Lebaran.

Tak harus menguras tabungan saat memutuskan untuk membagikan amplop berisi uang. Sisihkan anggaran dari jatah sedekah dan jika perlu ambil sedikit lagi dari dana mudik atau konsumtif. Biasanya THR akan dibagi menjadi 60persen konsumtif, saving atau dana darurat 30persen dan sisanya 10persen untuk zakat dan amplop Lebaran.

Buat Daftar Penerima Amplop Lebaran

Sebisa mungkin ikuti anggaran yang sudah dibuat untuk membagi amplop Lebaran. Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar siapa saja yang berhak menerimanya, misalnya anggota keluarga kerabat hingga anak tetangga di lingkungan rumah.

Siapkan uang dengan pecahan kecil untuk diberikan secara adil pada anak-anak sesuai dengan umurnya. Misalnya untuk anak yang berusia SD tentunya mendapat jumlah uang yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang sudah duduk di bangku SMA atau kuliah.

Ikhlas

Keikhlasan dalam memberikan amplop Lebaran pun tak kalah penting. Jangan melakukannya hanya karena merasa tak enak jika nggak ikut-ikutan membagikan uang pada anggota keluarga, apalagi rela tekor untuk mempertahankan gengsi. Tapi lakukan dengan dasar ikhlas yang bikin keputusanmu untuk berbagi terasa lebih ringan.

Ganti dengan Barang

Tak harus berupa uang, amplop Lebaran pun bisa diberikan dalam bentuk barang yang bisa langsung dimanfaatkan. Misalnya untuk anak-anak yang usianya lebih muda dapat memberikan paket alat tulis, buku cerita, atau makanan ringan, sedangkan untuk anak yang lebih besar bisa membagikan voucher belanja atau paket internet yang bakal diterima dengan gembira.

Nggak harus mewah, tapi yang terpenting adalah perhatian yang diberikan pada mereka. Kalau bingung menentukan jenis bingkisan yang diberikan, #MulaiAjaDulu di Tokopedia untuk mencari hadiah-hadiah berkesan bagi anak-anak atau anggota keluarga yang lebih muda.

Jangan lupa, penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis! (adv/eth/tmi)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading