Cara Membuat Ampyang Kacang Tanah yang Padat

Endah Wijayanti02 Apr 2020, 15:15 WIB
ampyang

Fimela.com, Jakarta Ampyang kacang tanah merupakan jajanan jadul yang masih digemari banyak orang. Di sebagian daerah, ampayang kacang tanah ini juga disebut gula kacang atau enting-enting kacang. Sepintas untuk membuatnya sendiri tampak mudah, tapi kalau salah urutan pembuatannya hasilnya lembek dan tidak bisa padat.

Untuk membuat ampyang kacang tanah yang padat, ada langkah-langkah yang perlu diikuti. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Kacang Tanah Disangrai Sampai Matang

Sebaiknya jangan menggunakan kacang goreng untuk membuat ampyang. Sebab kandungan minyaknya akan menyulitkan proses pemadatan. Jadi, kacang tanah sebaiknya disangrai sampai matang. Untuk bahan-bahan lengkapnya, berikut resep yang bisa dicoba.

  • 250 gram kacang tanah sangria
  • 250 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 150 ml air

Gula Direbus Hingga Mendidih

Siapkan panci. Masukkan air, gula merah, gula pasir, dan garam. Rebus hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Setelah itu, saring.

Pindahkan Larutan Gula ke Wajan

Gula Merah
Gula merah./copyright shutterstock.com

Siapkan wajan anti lengket. Tuang larutan gula, lalu masak sambil diaduk hingga berbuih dan mengental. Setelah larutan gula mengental, masukkan kacang sangria. Aduk hingga tercampur rata.

Masak Hingga Terasa Berat

Ini kunci penting untuk membuat ampyang kacang yang padat. Masak gula dan kacang hingga benar-benar mengental. Masak hingga terasa berat. Setelah itu, baru cetak di atas kertas minyak atau alas yang tidak gampang lengket dengan bantuan sendok. Biarkan hingga mendingin. Maka nanti akan mengeras sendiri.

Bagaimana? Mudah sekali kan membuatnya? Semoga informasinya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓