Obat Alami untuk Mengurangi Rasa Sakit Akibat Sariawan

Gayuh Tri Pinjungwati02 Apr 2020, 18:15 WIB
sariawan

Fimela.com, Jakarta Kandidiasis atau yang sering disebut sariawan adalah infeksi jamur mulut. Itu terjadi ketika ada ada penumpukan jamur Candidia albicans di lapisan mulut. Sariawan dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak. Sariawan dapat diobati menggunakan obat alami yang kita miliki di rumah. Berikut ini beberapa obat sariawan yang mudah kita jumpai di rumah.

Air Asin

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan dan menenangkan. Ini membuatnya menjadi obat rumahan yang paling umum digunakan untuk masalah mulut. Berkumur dengan air asin dapat meringankan gejala sariawan. Caranya dengan larutkan ½ sdt garam dalam 1 gelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Menggunakan Soda

Membilas mulut dengan baking soda dapat membantu mengobati kandidiasis mulut. Dalam sebuah penelitian 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida albicans yang melekat pada resin akrilik. Tes ini dimaksudkan untuk mensimulasikan disinfektan gigi palsu harian. Cara menggunakannya dengan melarutkan ½ sdt soda kue ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur selama beberapa detik.

Yogurt

Yogurt probiotik mengandung kultur bakteri baik yang dapat mengobati sariawan. Yogurt dipercaya dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut. Karena memiliki tekstur lembut, yogurt juga merupakan makanan yang enak untuk dimakan jika kesulitan menelan karena lesi mulut dan tenggorokan yang menyakitkan. Konsumsi yogurt beberapa kali dalam sehari jika merasakan sariawan. Pilihlah yogurt dengan varietas tanpa pemanis, karena jamur tumbuh subur dengan adanya gula.

Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk nipis dan madu dianggap memiliki kemampuan antiseptic dan antijamur yang membantunya melawan jamur yang menyebabkan sariawan. Sebagian besar orang membuat perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan madu lalu larutkan dengan air hangat. Minum air jeruk nipis dan madu saat masih hangat.

Kunyit

kunyit madu
copyright by Shutterstock

Kunyit berwarna kuning cerah dari cucurmin. Cucurmin adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi. Sedangkan piperine adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam yang membantu tubuh menyerap kunyit.

Minyak Cengkeh

Orang telah menggunakan minyak cengkeh sebagai obat tradisional untuk masalah mulut selama berabad-abad. Ini masih digunakan dalam kedokteran gigi sebagai antiseptik dan pereda nyeri.

Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Ini dilakukan untuk mendorong sel darah putih untuk membantu melindungi tubuh melawan infeksi. Ini juga membantu sel-sel berfungsi lebih efektif dan melindunginya terhadap molekul berbahaya. Sistem kekebalan yang sehat, membantu mengembalikan keseimbangan tubuh. Meningkatkan asupan vitamin C jika kekurangan dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengalahkan infeksi.

Obat rumahan untuk sariawan dapat membantu meringankan gejala. Meskipun obatan rumahan memiliki efek penyembuhan agak lama. Jika masih merasakan sakit hingga mengganggu kegiatanmu dapat langsung memeriksakan diri ke dokter.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓