Coba Cek, Ini 7 Tanda Dirimu Adalah Perempuan yang Kuat!

Febi Anindya Kirana02 Apr 2020, 17:15 WIB
perempuan bahagia

Fimela.com, Jakarta Sadar atau tidak, perempuan adalah salah satu makhluk paling kuat yang diciptakan Tuhan di dunia. Bicara soal fisik, tentu saja pria lebih unggul, tapi bagaimana jika secara emosional? Nyatanya, kebanyakan perempuan lebih cepat dewasa dan matang secara emosional. Dan karena kematangan emosional dan mental inilah perempuan menjadi makhluk yang kuat. Ini tandanya kamu adalah perempuan yang kuat, ladies.

1. Punya keberanian menghadapi apa pun

Perempuan kuat tak akan menghindari tantangan, ia menghadapinya. Ia juga akan memutuskan pergi dan tidak akan berkompromi jika terjebak dalam situasi yang hanya merugikan dirinya sendiri, karena keputusan pergi itu pun juga butuh keberanian, keluar dari toxic relationship misalnya. Tantangan hanya akan membuatnya lebih banyak belajar.

2. Bisa menerima penolakan dan kritikan

Tak semua hal yang diinginkan bisa terkabulkan, dan bersamaan dengan menyadari hal itu, perempuan kuat juga akan menyadari bahwa ia butuh beradaptasi dengan situasi, salah satunya adalah berlapang dada menerima penolakan dan kritikan. Karena akan selalu ada hal-hal yang diluar kuasa, dan menjadikan penolakan dan kritikan sebagai evaluasi akan membuat diri menjadi lebih baik.

3. Bertanggung jawab

self-love
ilustrasi perempuan bahagia/copyright by Shutterstock

Sebagai seorang dewasa, menjalai hidup penuh tanggung jawab itu berat, tapi perempuan kuat tak akan berpangku tangan, menunggu bantuan atau bahkan bergantung pada orang lain. Ia akan berusaha sendiri, mempertanggungjawabkan keputusan dan pilihan hidupnya sendiri.

4. Mandiri

Perempuan kuat tidak bergantung pada orang lain, ia akan berdiri dengan usahanya sendiri. Bukan berarti idealis dan menolak bantuan orang lain. Bantuan akan diterima selama itu tak merepotkan dan merugikan orang lain. Ia akan menerima bantuan secukupnya dengan tidak mengesampingkan bahwa ialah yang memegang kuasa atas hidupnya.

5. Tidak takut menunjukkan perasaan

Tak ada yang perlu disembunyikan, jika memang tak nyaman, katakan tak nyaman. Memendam perasaan negatif tak akan menyelesaikan masalah. Perempuan kuat sadar dirinya adalah manusia lemah, yang tetap butuhkan orang-orang di sekitarnya untuk menunjukkan perasaan yang sejujurnya.

6. Mencintai diri sendiri apa pun yang terjadi

perempuan bahagia
ilustrasi perempuan di taman/copyright By N U S A R A (Shutterstock)

Penting sekali mengenali diri sendiri dan mengembangkan kepercayaan diri. Karena setiap manusia memiliki kelemahan dan kelebihan, jadi tak perlu merasa kurang. Krena peempuan yang kuat tidak akan meragukan dan meremehkan dirinya sendiri.

7. Tahu apa yang membuatmu paling bahagia

Setiap manusia perlu motivasi dan tujuan dalam hidupnya. Jika tujuanmu menjadi manusia bahagia, maka hal pertama yang harus disadari adalah apa hal yang membuatmu bahagia? Perempuan kuat tak akan mengandalkan orang lain untuk membuatnya bahagia, ia menciptakan kebahagiaannya sendiri.

Sudahkah Sahabat Fimela memiliki kesekian poin perempuan kuat di atas?

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓