Lakukan 5 Hal ini untuk Menghentikan Penyebaran Virus Corona

Anisha Saktian Putri03 Apr 2020, 12:30 WIB
virus corona covid-19

Fimela.com, Jakarta Untuk menghentikan rantai peebaran virus corona, masyarakat sebaik melakukan himbauan Badan Kesehatan Dunia (WHO) atau pemerintah. Hal ini bertujuan agar pasien positif terinfeksi Covid-19 tidak terus bertambah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) melalui laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, covid19.go.id, menghimbau untuk melakukan 5 hal di bawah ini untuk menghentikan penyebaran virus corona.

1. Cuci Tangan

Cuci tangan menjadi cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah pernularan virus corona. Untuk itu, setelah berpergian ke luar rumah atau sebelum makan, rajinlah cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 2o detik. Dan lakukan sesuai dengan tata cara mencuci tangan dengan benar.

2. Menutup mulut saat batuk

Gunakan masker jika sakit, dan lakukan etika batu atau bersin seperti menutup mulut dengan siku ketika batuk.

3. Hindari menyentuh wajah

menyentuh wajah
Ilustrasi/copyrightshuttestock/maroke

Hindari menyentuh wajah jika belum cuci tangan, sebab mulut, hidung menjadi pintu masuk virus. Jadi pastikan tangan sudh bersih ketika ingin menyentuh wajahmu.

4. Jaga jarak aman

Physical distancing atau menjaga jarak fisik perlu dilakukan. Sebaiknya jaga jarak minimal 1 hingga 2 liter dengan oranglain ketika berada di kerumunan.

Ada baiknya untuk menghindari kerumanan atau datang ke acara yang akan dihadiri banyak orang.

5. Di rumah saja

Pemerintah sudah menghimbau jika melakukan pekerjaa, sekolah, ibadah, bisa dilakukan di rumah atau work from home (WHF). Ada baiknya saat WFH kita tetap menjaga imunitas tubuh dengan banyak minum vitaman, makan makanan bergizi, hingga olahraga teratur.

Dengan melakukan 5 hal tersebut, kita dapat menghentikan pencegahan virus corona.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓