6 Buah Favorit Pemilik Kekuatan Melawan Penuaan Kulit

Novi Nadya03 Apr 2020, 12:00 WIB
Buah-buahan melawan penuaan

Fimela.com, Jakarta Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang terus-menerus direkomendasikan para ahli kesehatan. "Eat the rainbow" alias makanlah buah dan sayur beraneka warna sebagai kunci untuk menjaga kesehatan. 

Kita semua menyadari pentingnya memakan sayuran hijau, namun siapa yang tak tergoda dengan buah-buahan lezat dengan manfaat melawan penuaan. Skincare-mu pasti akan berterima kasih dengan bantuan tambahan dari buah-buahan.

Nah, lain waktu, jika kamu mendambakan camilan manis, cobalah untuk makan enam buah ini. Sebab tak hanya favorit, melainkan berkhasiat melawan penuaan pada kulit. Melansir dari womensworld, berikut daftarnya;

1. Berries Sumber Antioksidan 

Buah beri merupakan salah satu sumber antioksidan antioksidan paling terkonsentrasi yang memicu pembaruan sel untuk membuat kulit tampak lebih muda. Anthocyanin, merupakan antioksidan dalam blueberry yang memberi warna vibrant atau cerah untuk melindungi kulit dari kerusakan serta mencegah hilangnya kolagen.

Berries juga kaya bermacam vitamin seperti A dan C. Vitamin-vitamin juga berfungsi meningkatkan kesehatan mata, kulit, dan organ lainnya.

Alpukat Jaga Kelembapan dan Kekenyalan Kulit

Alpukat
Ilustrasi/copyright shutterstock

Alpukat bukan hanya topping favorit sandwich kita semua, buah berwarna hijau ini juga mengandung asam lemak yang mampu menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Alpukat juga menyimpan b-vitamin yang memperkuat metabolisme serta vitamin C, E, dan A.

Delima Bantu Jaga Kolagen

Minuman Pomegranate
Ilustrasi Minuman Pomegranate (Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash)

Delima juga sarat dengan antioksidan yang melawan anti-penuaan. Biji merah kecilnya mengandung senyawa spesifik yang disebut punicalagins yang membantu menjaga kolagen di kulit untuk melawan garis-garis halus kerutan.

Pepaya Sumber Anti-Inflamasi Terbaik

[Fimela] pepaya
pepaya | pexels.com/@daria

Pepaya juga masuk dalam daftar buah anti-aging yang hebat berkat enzim yang disebut papain. Papain dikenal sebagai salah satu sumber anti-inflamasi terbaik di alam.

Nutrisi lainnya yang terkandung dalam pepaya adalah vitamin A, K, dan E, magnesium, kalium, dan vitamin B yang semuanya berfungsi melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh serta menjaga elastisitas kulit agar senantiasa sehat.

 

Kiwi Menjaga Kelembutan Kulit

kiwi
Ilustrasi/copyrightshutterstock/HandmadePictures

Buah dengan kulit berbulu dan keindahan komposisi hijau di dalamnya ini mengandung nutrisi yang komplet. Tak hanya lezat, kiwi juga mengandung vitamin E dan C dalam jumlah besar untuk membantu menjaga kelembutan kulit.

 Bonus lainnya kiwi bisa membantu sistem kekebalan tubuh. Serta memperlambat hilangnya kualitas penglihatan seiring usia.

Semangka Lawan Radikal Bebas

semangka
ilustrasi/copyright pixabay.com/LAWJR

Kita semua tahu untuk menjaga hidrasi dan semangka adalah buah paling direkomendasi untuk memastikan kita tidak dehidrasi. Buah segar ini juga dikemas dengan vitamin dan mineral anti-penuaan seperti vitamin C dan A yang melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Semangka mendapat warna cerah dari likopen. Nutrisi tanaman yang membantu melawan penyakit, melindungi mata, dan bahkan meningkatkan kognisi.

 

Simak Video Menarik Ini

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓