3 Kegiatan yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Suasana Hati di Rumah Selama Social Distancing

Fimela Editor07 Apr 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2020, 19:00 WIB
3 Kegiatan yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Suasana Hati di Rumah Selama Isolasi Diri

Fimela.com, Jakarta Selama melaksanakan social distancing, banyak orang merasa kesepian, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri tanpa keluarga. Oleh karena itu, penting untuk mengambil beberapa tindakan guna mengatasi gejolak emosi. Salah satu kegiatan yang menjadi ide paling bagus adalah menyelesaikan proyek DIY (Do It Your Self).

Beragam kegiatan seru ini dapat mengatasi kesedihan untuk mengelola depresi Anda, proyek DIY bisa menjadi mekanisme yang baik. Sebagai bentuk terapi seni, kegiatan ini memungkinkan dekompresi nyata dari perasaan Anda.

"Ketika membuat proyek DIY, depresi akan menghilang secara perlahan karena kegiatan ini dapat meningkatkan kadar dopamin. Kegiatan DIY tidak hanya memberikan manfaat neurokimiawi tetapi juga meningkatkan self-efficacy, kepercayaan diri, dan harga diri," jelas Clarissa Silva, ilmuwan behavioral dan penulis blog, You're Just A Dumbass.

"Aku menemukan bahwa berinteraksi dengan kerajinan tangan atau bentuk lain dari terapi seni sepenuhnya katarsis. Terapi seni menyediakan jalan keluar untuk berekspresi yang mungkin tidak bisa kamu ungkapkan. Ketika merasa sedih, aku suka mengedit foto-foto pribadi lalu menambahkan warna dan grafik yang mengangkat suasana hati," jelas Elyse Fox, aktivis kesehatan mental.

Melansir dari Bustle.com, berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan suasana hati, khususnya proyek DIY yang luar seru untuk dicoba saat kamu sedang merasa sedih. Tentunya, kegiatan-kegiatan di bawah ini dapat kamu lakukan di rumah selama melaksanakan social distancing.

Membuat DIY taman kecil atau Vertical Garden

Jika kamu siap menghadapi tantangan terkait tanaman, mengapa tidak membuat DIY vertical garden atau membuat taman kecil? Tanaman yang disusun secara vertikal pada dinding ini memiliki sukulen kecil yang lucu, mudah dirawat dan terlihat menggemaskan. Buatlah DIY ini pada teras di depan rumah atau bahkan di ruang tamu agar suasana rumah terasa menenangkan. Jika ingin lebih praktis, mulailah bercocok tanam dengan pot mini yang dapat memperindah taman di rumah.

Membuat DIY Bunga Kertas

Kamu dapat membuat DIY bunga kertas di musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Bunga-bunga magnolia yang terbuat dari kertas ini mungkin terlihat sulit untuk dibuat tetapi prosesnya sebenarnya cukup sederhana. Dengan sedikit cat, beberapa gunting, dan beberapa ranting bekas, kamu dapat membuat bunga abadi yang pasti akan menambah keceriaan di mana pun bunga kertas ini diletakkan.

 

Mengecat Dinding Rumah

Mengecat Dinding Rumah
Mengecat Dinding Rumah/ Photo by Janine Meuche on Unsplash

Sudah bertahun-tahun menatap warna tembok yang sama? Mungkin ini sudah waktunya untuk mengubah warna cat dinding rumahmu. Kamu bisa membuat warna dinding rumahmu berwarna ombre yang didominasi dengan warna pastel agar terlihat cerah. Cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Terlebih lagi, mengecat dinding merupakan cara yang bagus untuk bersantai. Plus, warna-warna cerah yang menenangkan pasti akan memberi kamu dorongan untuk meningkatkan suasana hati saat sedang berada di rumah.

Penulis: Finda

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓