5 Penyebab Tubuh Gampang Letih selama Bekerja dari Rumah

Endah Wijayanti04 Apr 2020, 15:15 WIB
waktu menyendiri

ringkasan

  • Rasa Stres
  • Pola Makan yang Buruk
  • Ketidakseimbangan Hormon
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selama work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, rutinitas kita pastinya berubah. Di tengah pandemi virus corona, kita perlu lebih berhati-hati dalam menjaga diri agar tidak tertular dan tidak menularkan virus. Bekerja dari rumah pun menjadi salah satu alternatif untuk mengupayakan hal tersebut.

Hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa sebagian dari kita pasti merasa gampang letih selama bekerja dari rumah. Melansir universityhealthnews.com, rasa letih bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang kompleks, alih-alih hanya karena satu penyebab saja. Namun, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab umum rasa gampang letih. Selengkapnya langsung simak uraiannya di bawah ini.

1. Rasa Stres

Stres kronis bisa mengganggu sistem stres tubuh dan menjadi penyebab umum keletihan kronis. Istilah keletihan adrenal mengacu pada kondisi stres kronis yang dipengaruhi oleh kelenjar adrenal dan produksi kortisol. Bekerja dari rumah dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan stres. Hal inilah yang kemudian bisa membuat kita merasa gampang letih.

2. Pola Makan yang Buruk

Sebagian besar orang yang mengalami kondisi tubuh gampang letih disebabkan oleh pola makan yang buruk. Kurang konsumsi buah dan sayur, kekurangan vitamin dan mineral, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula bisa jadi penyebabnya. Untuk itu, selama di rumah usahakan untuk mengatur pola makan jadi lebih baik dan bernutrisi.

3. Ketidakseimbangan Hormon

ibu depresi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Keletihan bisa disebabkan oleh kadar hormon yang tidak seimbang seperti hormon tiroid, testosteron, estrogen, dan progesteron. Kadar hormon tirodi yangrendah bisa menyebabkan penyakit autoimun tiroid yang merupakan salah satu gangguan paling umum yang berkaitan dengan hormon. Pada perempuan, gejala menopause seperti berkeringat pada malam hari juga dapat menyebabkan keletihan.

4. Kecemasan dan Depresi

Sebagian besar orang yang mengalami depresi akan merasa gampang letih. Dalam sebuah penelitian, lebih dari 90% pasien dengan depresi mayor mengalami keletihan parah meseki lebih dari 80% pasien tersebut telah mengonsumsi obat anti depresi.

5. Gaya Hidup Sedentary

Sedentary adalah gaya hidup di mana seseorang kurang dalam aktivitas fisik. Bekerja dari rumah mungkin membuat kita jadi kurang bergerak. Kurang olahraga dan kurang aktivitas fisik dapat menurunkan kondisi tubuh dan sistem kardiovaskueler. Kondisi ini pun bisa menyebabkan keletihan. Untuk itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga pola hidup dengan cukup gerak dan aktivitas fisik selama di rumah untuk membuat tubuh lebih energik.

Selama menjalani rutinitas WFH, tetap jaga pola makan sehat dan kebiasaan olahraga rutin ya. Jaga kesehatan kita dan juga orang-orang terdekat kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓