Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Ketan Bakar yang Pulen

Fimela.com, Jakarta Suka dengan ketan bakar? Di sejumlah daerah ketan bakar punya beberapa sebutan. Seperti kue uli dan kue jaddah. Biasanya dinikmati serundeng pedas atau bisa juga dengan serundeng kelapa manis.

Untuk membuat ketan bakar yang pulen pun ternyata tidak terlalu sulit. Bahkan cukup tiga bahan utama untuk membuatnya. Selengkapnya, langsung simak di sini, ya.

Menanak Beras Ketan

Siapkan panci. Masukkan 1 liter beras ketan, tambahkan 65 ml santan kelapa, dan sejumput garam. Tambahkan air sampai tingginya seruas jari kita. Beras ketan ditanak sampai airnya habis. Aduk-aduk sebentar agar tidak menggumpal.

Masak di Dandang

Panaskan dandang. Masukkan nasi ketan. Masak selama kurang lebih 20 menit hingga matang.

 

Cetak dan Padatkan Nasi Ketan

Siapkan loyang atau wadah kotak. Alasi dengan plastik. Tuang nasi ketan yang masih hangat ke dalam loyang. Tekan dan padatkan adonan sampai merata. Setelah dingin, potong jadi beberapa bagian. Lalu, panggang atau bakar sebentar.

Ya, jadi selain air secukupnya, hanya butuh beras ketan, santan kelapa, dan garam untuk membuat ketan bakar yang pulen. Dimasak dua kali supaya hasilnya pulen. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading