Susah Mencari Lemon, Ini Alternatif Lainnya untuk Menambah Rasa pada Masakan

Fimela Editor09 Apr 2020, 09:00 WIB
Tak cuma wajah, lemon juga bisa dipakai merawat rambut sampai ketiak

Fimela.com, Jakarta Untuk kamu yang menyukai makanan dengan rasa yang sedikit kecut, biasanya makanan tersebut dicampur dengan sedikit perasan jeruk lemon untuk memberikan sedikit rasa asam. Lemon juga dapat berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari seafood ataupun ayam sebelum dimasak.

Memberikan sedikit perasan lemon dalam masakan kamu akan mengubah rasanya menjadi lebih lezat. Tapi untuk kamu yang kurang menyukai makanan dengan rasa asam yang kuat, dapat mengurangi takaran perasan jeruk lemonnya. Terkadang mungkin kamu tidak memiliki stok lemon di kulkas kamu, lalu bagaimana dengan masakan kamu?

Melansir dari purewow.com, berikut adalah beberapa bahan yang dapat menggantikan air perasaan lemon sebagai campuran masakan kamu tanpa mengubah rasanya.

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang dapat menggantikan air jeruk lemon. Meskipun rasanya sedikit berbeda karena sedikit lebih manis, jus jeruk nipis adalah pengganti jus lemon yang paling pas untuk masakan kamu. Tukar jus jeruk nipis dengan jus lemon dalam jumlah yang sama, baik dalam resep yang gurih ataupun manis

2. Jeruk

Air jeruk memang lebih manis dan kurang asam dari jus lemon, tetapi memiliki kualitas jeruk yang sama dan dapat ditukar dengan resep manis dan gurih masakan kamu. Ini akan memberikan rasa jeruk yang khas, jadi ini tergantung pada resep yang sedang kamu masak. Saat menggunakan jus jeruk sebagai pengganti jus lemon, ganti dalam jumlah yang sama. 

Bahan pengganti lemon

[Fimela] Cuka Apel
Cuka apel | unsplash.com

3. Cuka putih

Cuka putih tua dapat menambah sedikit asam pada hidangan gurih. Tetapi hanya gunakan pengganti ini dalam jumlah kecil, karena rasa asam akan terasa sangat intens jika digunakan dalam jumlah yang besar

4. Ekstrak lemon

Jika kamu hanya mencari rasa lemon dan bukan keasamannya, ekstrak lemon dapat menggantikan jus lemon dalam resep kue. Ekstrak lemon dapat digunakan untuk menggantikan kulit lemon. Kamu hanya perlu sekitar satu sendok teh ekstrak lemon per dua sendok makan jus lemon untuk mendapatkan rasa lemon yang sama.

5. Cuka anggur putih

Cuka akan terasa sangat asam, jika kamu ingin mendapatkan rasa asam lemon, cuka bisa menggantikan rasa asam yang dihasilkan oleh jus lemon. Cuka anggur putih terasa lebih lembut dibanding cuka biasa. Kamu hanya cukup menggunakan cuka setengah dari jumlah jus lemon segar saat kamu menggantikannya dalam hidangan gurih.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓