Tips Menyimpan Susu yang Benar dan Tahan Lama

Gayuh Tri Pinjungwati06 Apr 2020, 19:14 WIB
menyimpan susu

Fimela.com, Jakarta Untuk memastikan susu tetap segar, penting untuk menyimpannya dalam kondisi terbaik. Menyimpan susu dengan benar dapat membantu membuat susu lebih tahan lama, meningkatkan kesegaran dan menghemat uang belanja. Berikut ini cara menyimpan susu dengan benar, supaya dapat bertahan lama, terutama untuk susu segar.

Konsumsi Susu dalam Waktu 3 Hari dari Tanggal Membuka

Spesialis makanan menyarankan agar segera mengonsumsinya setelah kemasan susu dibuka, yang terbaik adalah menghabiskan susu dalam 3 hari. Sering kali lebih baik untuk membeli botol kecil lebih sering. Caranya dengan buka botol atau karton sesuai urutan pembelian. Tempatkan botol-botol yang lebih awal dibuka di bagian depan kulkas dan gunakan terlebih dahulu.

Simpan Susu di Rak Kulkas

Kebanyakan orang menyimpan susu di pintu, tetapi yang terbaik adalah menyimpannya di rak yang lebih dingin. Karena rak pada kulkas memiliki suhu yang lebih stabil jika dibandingkan dengan pada pintu kulkas. Jika susu berada pada suhu yang berubah-ubah akan membuatnya mudah basi.

Beberapa Langkah untuk Menghindari Kontaminasi

susu
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Davizro Photography

Bahkan ketika didinginkan, dirimu dapat membantu susu agar lebih tahan lama dengan cara berikut ini:

  • Tutup Rapat, pasangan tutupnya dengan rapat sehingga susu tidak menyerap bau apa pun dari makanan berbau tajam. Jika dirimu ingin ekstra hati-hati simpan susu secara terpisah dari makanan lain.
  • Jangggan Kembalikan Susu yang Telah Dituangkan, setelah menghabiskan waktu pada suhu kamar, susu akan cepat rusah. Ketika orang memiliki susu yang tidak terpakai dari gelas, terutama di restoran, sering dimasukkan kembali ke dalam botol yang dapat dengan mudah membuat pembusukan.
  • Hindari Paparan Cahaya, cahaya dapat mengahncurkan banyak vitamin dan nutrisi dalam susu seperti vitamin D dan riboflavin.
  • Perhatikan Kebersihan Kulkas, susu dapat dengan mudah menangkap bauk apa pun. Simpan semua makanan di lemari es tertututp rapat sehingga tidak mendapat kesempatan untuk mencermari susu.

Bekukan Susu untuk Disimpan dalam Waktu Lama

Susu dapat dibekukan hingga 3 bulan. Setelah dicairkan, tekstur dan rasa mungkin sedikit terpengaruh, tetapi susu segar mungkin akan tetap aman dan bermanfaat, terutama jika digunakan dalam memasak atau campuran dengan lainnya. Pastikan wadah tempat membekukannya memiliki sedikit ruang di bagian atas, untuk memungkinkan ekspansi saat membeku. 

Nah, berikut tadi cara untuk menyimpan susu segar supaya tahan lebih lama. Jika susu sudah dibuka usahakan untuk menutup denganrapat dan simpan di rak kulkas dengan suhu yang stabil. Ini akan meghindarkan susu pada kebusukan dan kontaminasi makanan berbau tajam lainnya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓