Kenali Tanda-tanda Menjalani Cinta yang Obsesif

Gayuh Tri Pinjungwati06 Apr 2020, 20:15 WIB
obsesif

Fimela.com, Jakarta Cinta yang sehat terasa seperti menghirup udara segar. Rasanya aman dan nyaman. Seseorang mungkin juga merasa dapat berbicara tentang apa saja dan menjadi dirinya sendiri. Tetapi, ketika cinta ini obsesif, selalu terasa seperti berjalan di atas kulit telur. Dirimu mungkin tidak pernah merasa benar tentang hal itu. Dirimu hanya merasa benar tentang hal itu. Berikut ini beberapa tanda cinta obesif yang mungki Sahabat Fimela alami.

Mencintai Ide Orang

Seseorang yang terobsesi denganmu hanya akan fokus pada hal-hal positif darimu. Mereka akan menolak melihat sisi negatif darimu. Bagaimana mereka, dirimu tidak dapat melakukan kesalahan. Perilakumu mungkin akan ditahan dengan standar yang lebih tinggi. Tetapi ketika cinta yang sehat, pasanganmu melihat ketidaksempurnaanmu dan menerima sisi baik dan burukmu.

Menjadi Posesif

Dalam cinta obsesif, jelas tidak ada batasan. Mereka tidak menghomati privasi atau ruangmu. Dan berulang kali mengirim pesan teks atau meneleponmu untuk mengetahui tentang keberadaanmu. Mereka selalu ingin tahu dengan siapa dirimu menghabiskan waktu. Mereka merasa iri jika dirimu menghabiskan waktu bersama orang lain selain mereka.

Memastikan Mereka Adalah Prioritas Nomor Satu

Ketika dirimu berada dalam suatu hubungan, sangat normal untuk ingin menghabiskan waktu bersama pasanganmu. Tetapi menyadari bahwa kalian memiliki hal-hal lain untuk dilakukan dan orang-orang dalam hidupmu yang juga ingin menghabiskan waktu bersamamu. Tetap ketika seseorang terobsesi denganmu, mereka memastikan bahwa mereka adalah satu-satunya prioritas dalam hidupmu. Mungkin dirimu merasa tak berdaya dan merasa  tak punya waktu untuk diri sendiri atau mengerjakan hobimu atau bersama keluarga dan teman.

Melakukan Hal-hal untuk Mendapatkan Persetujuanmu

obsesif
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Have a nice day Photo

Pasangan yang obsesif akan memberimu hadiah dan pujian untuk berada di dalam kehidupanmu. Mereka akan menggunakan cara mereka untuk memenangkan persetujuan darimu. Dan ketika mereka percaya bahwa mereka akhirnya mendapatkan dirimu, semua pujian dan hadiah akan berhenti mengalir. Mereka akan bertindak jauh lebih kejam dan untuk membuatmu memegang kendali mereka. Ini adalah salah satu tanda dari pasangan yang terlalu obsesif. Mereka ingin dirimu bekerja untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang mereka. Namun dalam hubungan yang sehat, pasanganmu tidak akan menahan perhatian dan kasih sayang mereka. Mereka tidak bermain-main dengan dirimu untuk memilikimu dalam hidup mereka.

Tidak Memungkinkanmu untuk Berubah

Cinta yang sehat akan memungkinkanmu untuk berkembang dan tumbuh sebagai pribadi. Mitra yang baik akan mendukungmu melalui transisimu. Mereka akan merayakan pencapaianmu. Mereka ingin dirimu menjadi versi terbaik dirimu. Mereka mengerti bahwa kariermu juga penting dan dirimu adalah orang yang mandiri. Tetapi, cinta yang obsesif akan meningkatkan ketergantungan bersama. Mereka akan menyalahkanmu karena telah berubah. Mereka akan berdebat denganmu jika dirimu melakukan sesuatu yang tidak biasa. Jika dirimu mendapatkan kesempatan untuk mengejar impianmu daripada mendukungmu. Mereka akan membuatmu merasa bersalah karena mengubah segalanya.

Mereka Menginginkamu Sepanjang Waktu

Seseorang yang terobsesi dengamu akan memastikan dirimu selalu bersama mereka setiap saat. Ketika mereka memanggilmu atau bertemu denganmu, mereka merasa sangat gembira sampai merasa lega. Mereka tidak peduli dengan kebutuhanmu dan akan melakukan apa saja untuk menjagamu tetap hidup. Dan jika dirimu meninggalkan hubungan mereka akan melakukan apa saja untuk tidak membiarkanmu pergi. Dalam kebanyakan kasus, ini dilakukan dengan mengendalikan keuangan orang tersebut, dengan mengisolasi mereka dari teman dan keluarga dan memastikanmu bergantung pada mereka.

Untuk memiliki hubungan yang sehat, dirimu harus fokus pada diri sendiri juga. Dirimu harus menjadi orang yang mandiri secara emosional sehingga dirimu tidak bergantung pada orang lain untuk sebagian besar kebutuhanmu. Jika dirimu mandiri, maka dirimu tidak akan merasa perlu untuk melompat dalam hubungan beracun agar merasa tidak terlalu kesepian. 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓