4 Penyebab Kenapa Kamu Selalu Gagal Diet

Imelda Rahma06 Apr 2020, 18:26 WIB
Diet

Fimela.com, Jakarta Diet bagi sebagian wanita adalah gaya hidup penting yang harus dipertahankan demi menjaga penampilan. Diet yang pada awalnya dianggap sebagai bentuk ketidakpercayaan diri dengan tubuh yang dimiliki kini sudah berganti makna.

Bukan tidak percaya diri, tetapi justru kini diet sangat direkomendasikan sebagai gaya hidup sehat untuk menghindari bahaya obesitas, tentunya diet yang sehat juga. Tetapi setiap orang biasanya punya motif yang berbeda-beda mengapa mereka menjalani diet.

Ketika membicarakan diet, kamu akan dihadapkan pada banyak artikel yang menyuguhkan gaya diet yang bermacam-macam. Mulai dari yang paling ringan untuk menghindari nasi sampai yang ekstrim dan meminta kamu untuk tidak mengkonsumsi makanan.

Hal tersebut tentu harus bisa kamu filter, mana cara diet yang sehat dan sesuai denganmu, jangan memaksakan. Namun, diet bukamlah diet jika kamu juga tidak disiplin pada diri sendiri dengan tidak membatasi makanan yang masuk ke mulut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Fimela.com akan membahas 4 penyebab kenapa kamu selalu gagal diet. Bagi kamu yang tengah merasakan atau punya pertanyaan tentang kegagalan diet, kamu bisa cek penjelasannya berikut ini.

Banyak Begadang

Banyak Begadang
Ilustrasi Kekurangan Tidur Credit: pexels.com/KhaRuxury

Sebelum beralih ke makanan, penyebab kenapa kamu selalu gagal diet yang pertama ialah terlalu sering begadang. Kebiasaan ini tentunya tidak baik karena memakan waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur. Alhasil waktu tidurmu menjadi tidak ideal.

Kurangnya waktu tidur bisa menjadi penyebab gagal diet karena dapat menghambat laju metabolisme didalam tubuh. Selama kamu tidur, tubuh memproduksi hormone yang disebut dengan melatonin. Hormon ini berfungsi meningkatkan laju metabolisme serta lemak tertentu yang berperan dalam pembakaran energi.

Hormon melatonin tentu tidak bisa berfungsi secara optimal jika waktu tidur anda kurang karena akan menurunkan laju metabolisme. Dampaknya, jumlah kalori yang dibakar juga tidak akan bisa banyak dan pastinya anda akan kesulitan menurunkan berat badan.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu yang sedang menjalani diet untuk menghindari kebiasaan begadang. Tidurlah dengan cukup agar metabolisme tubuh terjaga. Terlepas dari tekanan kamu sedang diet, begadang juga tidak baik untuk tubuh dan berpotensi mengakibatkan penyakit.

Tidak Memerhatikan Asupan Gizi Seimbang

Tidak Memerhatikan Asupan Gizi Seimbang
Ilustrasi Asupan Gizi Credit: pexels.com/BuenosiaCarol

Seringkali diet ketat membuat anda memilih untuk membatasi banyak makanan dan hanya sedikit mengkonsumsi makanan. Hal itu bukanlah cara diet yang benar tetapi justru terkesan memaksakan dan bahkan menjadi penyebab kamu gagal diet.

Tidak memerhatikan asupan gizi seimbang adalah penyebab kenapa kamu gagal diet selanjutnya. Mengurangi asupan makanan dapat memperlambat laju metabolisme tubuh. Sebagai akibatnya, jumlah kalori yang dibakar pun menjadi sedikit.

Meski sedang berupaya untuk menurunkan berat badan, kamu juga harus tetap menjaga asupan gizi agar seimbang. Jangan salah kaprah dalam memahami diet, diet bukan berarti kamu dilarang makan semua makanan tetapi kamu harus bisa mengaturnya dengan melihat gizi dan nutrisi dari tiap-tiap makanan yang kamu makan.

Terlalu Sering Memakan Cemilan

Terlalu Sering Memakan Cemilan
Ilustrasi Memakan Cemilan Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Penyebab kenapa kamu selalu gagal diet berikutnya adalah terlalu sering memakan cemilan. Mungkin kamu tidak menyadarinya atau menganggap selama kamu menahan makanan berat maka, cemilan tidak akan menyebabkan kegemukan, jawabannya adalah salah.

Meskipun kamu telah berusah payah menahan diri dari makanan berat atau makanan berlemak yang kamu sukai, tetapi kamu tanpa sadar terus mengunyah cemilan, itu sama saja kamu sedang menggagalkan diet.

Snack yang biasa kamu jadikan cemilan biasanya tinggi akan karbohidrat olahan yang dapat meningkatkan gula darah dan menurunkannya kembali dengan cepat. Kondisi ini justru membuat kamu mudah merasa lapar. Akibatnya, kamu cenderung makan lebih banyak sehingga mengacaukan laju metabolisme dan program diet yang sedang kamu lakukan.

Malas Berolahraga

Malas Berolahraga
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Penyebab kenapa diet kamu selalu gagal yang terakhir adalah malas berolahraga. Jika kamu benar-benar serius dan konsisten dengan program dietmu, maka aktivitas yang satu ini jangan sampai terlewatkan.

Olahraga mempercepat proses metabolisme tubuh dan pembakaran kalori, maka dari itu biasanya orang yang rajin berolahraga memiliki bentuk tubuh yang ideal dan juga sehat. Tidak perlu memaksakan diri berolahrga yang berat-berat, yang ringan saja asal konsisten dan teratur.

Ada berbagai jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan misalnya, lari dan lompat tali, jika kamu bisa konsisten melakukannya selama 30 menit sehari, berat badanmu pasti mengalami perubahan.

Lanjutkan Membaca ↓