Usahakan Tetap di Rumah untuk Lindungi Diri dan Sesama

Endah Wijayanti08 Apr 2020, 07:15 WIB
di rumah dengan anak

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah panedemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Melalui Lomba Share Your Stories: Berbagi Cerita tentang Pandemi Virus Corona ini Sahabat Fimela berbagai cerita dan harapannya di situasi ini. Langsung ikuti tulisannya di sini, ya.

***

Oleh: Pipit Hardaningsih

Semenjak muncul pandemi Covid-19, aku memutuskan untuk di rumah saja. Ini semata-mata kulakukan agar turut membantu pemerintah untuk bisa memutus mata rantai perkembangan virus corona di negeri ini. Disiplin bersih-bersih pada diri sendiri, lingkungan dan juga mengingatkan orang-orang di sekitar untuk waspada. Banyak hal yang aku lakukan selama di rumah bersama dengan keluarga. Memasak bersama dengan suami dan anak. Nonton film marathon, makan bersama, bersih-bersih rumah, sampai beribadah bersama pada malam hari dengan mengaji.

Tidak mudah memang, walaupun begitu aku harus tetap produktif mengisi kegiatan di rumah dengan hal yang bermanfaat. Jauhi kerumunan apalagi ngumpul-ngumpul yang tidak bermanfaat. Aku membiasakan beberapa hal yang dahulunya jarang aku lakukan.

Lindungi Diri, Lindungi Sesama

cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan./Copyright shutterstock.com/g/Yusei+Suzumura

1. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir karena sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan air hingga bersih efektif membunuh kuman bakteri dan virus termasuk virus corona.

2. Hindari menyentuh daerah wajah karena virus corona dapar menyerang tubuh melalui daerah segitiga wajah. Seperti mata, mulut, dan hidung.

3. Bersihkan peralatan rumah tangga. Tak hanya kebersihan tubuh karena kebersihan tempat tinggal juga penting. Gunakan disinfektan untuk membersihkan perabotan rumah. Bersihkan perabotan rumah yang rentan tersentuh. Seperti gagang pintu, meja, HP, secara teratur.

4. Tetap stay di rumah ya. Tidak keluyuran ke jalan dan mhindari tempat keramaian.

Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dirumah. Ini semua demi kebaikan kita bersama. Ayo kita tetap produktif walaupun bekerja dari rumah. Lindungi diri, lindungi sesama.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 1