5 Alasan Perasaan Cinta Juga Perlu Diutarakan dengan Kata-Kata

Endah Wijayanti08 Apr 2020, 11:45 WIB
memilih cinta terbaik

ringkasan

  • Menciptakan Komunikasi yang Lebih Terbuka
  • Isi Pikiran Tidaklah Transparan
  • Mencegah Munculnya Rasa Kecewa
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, mengutarakan perasaan melalui kata-kata cukup sulit. Ada yang cenderung untuk membuktikan cinta lewat tindakan atau perbuatan. Ya, setiap orang punya caranya sendiri dalam mencintai dan mengungkapkan cinta. Namun, sesekali kita juga perlu mengutarakan cinta melalui kata-kata.

"Aku mencintaimu." Kalimat itu memang tampak sederhana, tapi tak banyak yang menyadari bahwa mengucapkannya langsung bisa memberi keindahan tersendiri dalam hubungan. Bagi yang belum terbiasa, mungkin bisa coba sesekali mengungkapkan perasaan cinta langsung dengan kata-kata.

1. Menciptakan Komunikasi yang Lebih Terbuka

Komunikasi yang terbuka sangat penting dalam sebuah hubungan. Dengan mengutarakan perasaan cinta melalui kata-kata, komunikasi bisa lebih terbuka. Setidaknya jadi lebih paham perasaan yang dirasakan. Serta lebih paham dengan seberapa besar cinta yang dimiliki.

2. Isi Pikiran Tidaklah Transparan

Kita tak bisa membaca isi pikiran pasangan kita. Pasangan kita pun tak bisa membaca isi pikiran kita. Ada hal-hal yang memang semestinya diungkapkan dan diutarakan melalui kata-kata. Seperti perasaan cinta. Ya, walau tak harus setiap hari mengatakannya, tapi sesekali perlu diutarakan supaya bisa lebih memahami isi hati dan perasaan masing-masing. 

3. Mencegah Munculnya Rasa Kecewa

pasangan cinta
ilustrasi pasangan cinta/copyright by Nattakorn_Maneerat (shutterstock)

Jangan sampai terlambat sampai kita kehilangan orang tercinta kita. Kita tak pernah tahu kapan kita akan kehilangan orang tercinta kita. Kita tak pernah tahu kapan akan terjadi perpisahan. Untuk itu, mumpung masih ada waktu dan kesempatan, utarakan isi hati dan perasaan cintamu melalui kata-kata. Hadirkan rasa cinta itu dengan lebih utuh.

4. Mempermudah Mengatasi Masa-Masa Sulit

Konflik dan masalah pasti akan selalu ada dalam sebuah hubungan. Masa-masa sulit pun akan hadir mewarnai hubungan. Kadang diperlukan keberanian untuk kembali menghadirkan perasaan cinta dengan mengutarakannya langsung. Sebagai pertanda bahwa masa sulit ini bisa diatasi bersama karena masih bisa saling menguatkan satu sama lain.

5. Membuat Perasaan Lebih Lega

Mengucapkan sesuatu atau mengutarakan perasaan dengan kata-kata bisa menghadirkan perasaan lega tersendiri. Kita bisa membangun landasan emosi yang lebih baik. Kata cinta akan membuat pasangan kita lebih baik, pun kita juga akan merasa lebih baik setelah mengutarakannya.

Jadi, sudahkah kamu mengutarakan cinta pada pasanganmu? Sudahkah mengungkapkan besarnya cintamu pada pasanganmu? Semoga belum terlambat bagi kita untuk mengucapkannya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓