11 Resep Telur Dadar Populer Dunia Favorit Siapa Saja

Novi Nadya09 Apr 2020, 08:00 WIB
Telur dadar

Fimela.com, Jakarta Telur dadar atau dikenal universal sebagai omelet berasal dari bahasa Prancis. Kata omelet mulai digunakan pada pertengahan abad ke-16. Sejak saat itu, omelet telah melakukan perjalanan diciptakan kembali dalam berbagai versi di seluruh dunia.

Omelet Prancis sendiri memiliki ciri dimasak cepat dalam wajan sangat panas dengan taburan garam dan merica, kadang ditambah dengan topping tomat plus bumbu aromatik. Bagaimana dengan omelet negara lainnya? Di Spanyol, omelet dikenal sebagai hidangan klasik dengan isian kentang serta tumisan.

 

Di Inggris, telur dadar dimasak secara tradisional dengan keju, susu, dan telur, seringnya hanya dimatangkan satu sisinya saja. Sementara di India, omelet masala yang terkenal dibuat dengan cabai hijau cincang, bawang, ketumbar, dan sejumput kunyit.

Lalu bagaimana dengan menu telur dadar ala Indonesia? Ternyata juga ikut masuk dalam 11 resep favorit telur dadar dunia versi food.ndtv.com berikut ini;

1. Telur Dadar Bawang Balsamic

Telur Dadar
Ilustrasi telur dadar/copyright shutterstock

Resep omelet kosmopolitan dengan sedikit cuka balsamic dan bawang karamel yang renyah. Resep ini akan mengubah omelet klasik favorit menjadi sebuah twist saat disajikan sebagai menu sarapan di meja makan.

 

2. Omelet Ayam dengan Jamur Tumis

omelet jamur shitake
Ilustrasi omelet jamur./Copyright shutterstock.com

Telur dadar berprotein tinggi yang dibuat dengan putih telur beserta isian ayam cincang yang lezat. Sajikan dengan taburan jamur tumis yang akan membuat pagi kita menjadi luar biasa meski di rumah aja.

3. Telur Dadar Pedas dengan Kacang Mete

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum interview kerja
Omelet keju. (Foto: pixabay.com)

Mencoba resep baru dengan menambahkan kacang mete pada omeletmu. Sebagai pelengkap, tambahkan seledri, capsicums, dan jamur dengan beberapa bumbu penambah rasa.

4. Omelet Spanyol

omelet spanyol
Ilustrasi omelet spanyol./Copyright shutterstock.com/g/Pat_Hastings

Resep klasik omelet Spanyol juga menarik untuk dicoba yang dikenal dengan Tortilla de Patata. Resep yang mudah dibuat ini adalah pemenang segala menu sarapan di meja makan.

 

 

5. Masala Omelet

Telur Dadar
Photo by amirali mirhashemian on Unsplash

Bagi penyuka bumbu beraroma rempah kuat, cobalah resep omelet masala. Kombinasi berbagai macam masala, daun ketumbar segar, daun bawang dan keju parut disajikan dengan roti panggang.

 

 

6. Omelet Udang Masala

kreasi omelet
Ilustrasi omelet./Copyright shutterstock.com

Resep omelet ini pasti jadi favorit semua orang dengan tumsan udang dicampur dengan telur. Jangan ragu untuk menambahkan bumbu yang makin membuat olahan telur semakin lezat.

 

 

7. Tahu Telur

Tahu Telur
Ilustrasi tahu telur/copyright shutterstock

Telur dadar bergaya Indonesia dibuat dengan telur dan tahu menyerupai pancake dengan topping saus tomat segar. Sarapan yang bisa membuat kita kenyang lebih lama.

 

 

 

 

8. Omelet Mediterania

Omelet
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/

Omelet dibuat dengan bayam bawang, zaitun, dan oregano yang dikemas dalam resep flavoursome. Perpaduan sempurna omelet Mediterran yang sehat dan lezat membuat kita tak akan pernah melewatkan sarapan.

 

 

9. Omelet Afrika

Omelet
Ilustrasi omelet/copyright shutterstock

Omelet dengan kombinasi daging kambing cincang, paprika merah, bawang merah, dan pasta cabai merah. Biasanya dibuat sebagai menu sarapan Minggu pagi setelah bersenang-senang di Sabtu malam.

 

 

10. Omelet Keju Bawang

Resep Telur Dadar Pizza Tebal
ilustrasi Resep Telur Dadar Pizza Tebal/Photo by Thomas Tucker on Unsplash

Resep klasik ini merupakan favorit semua orang. Kumpulkan semua bahan, aduk telur, tuang adonan dan tambahkan banyak-banyak keju parmesan. Simple yet delicious.

 

 

11. Omelet dalam Mug

Resep 3 Menit Brokoli Omelet yang Sanggup Bikin Perutmu Rata
Jadikan perutmu rata dengan makanan praktis ini!

Resep legendari bagi kita yang tak punya banyak waktu di pagi hari untuk membuat sarapan.  Resep ini cocok untuk disantap dalam waktu singkat namun tetap menutrisi karena kandungan proteinnya.

 

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓