Beberapa Rekomendasi Makanan Ringan Tinggi Protein yang Sehat dan Enak

Gayuh Tri Pinjungwati09 Apr 2020, 18:15 WIB
makanan sehat

Fimela.com, Jakarta Ketika Sahabat Fimela menjalani gaya hidup yang sibuk, makanan ringan bisa berguna ketika rasa lapar melanda dan dirimu tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan. Namun, banyak makanan ringan yang tersedia saat ini mengandung karbohidrat dan gula olahan yang tinggi, yang dapat membuatmu merasa tidak puas dan mendambakan lebih banyak makanan. Kuncinya adalah memastikan camilanmu bergizi dan mengandung protein. Protein meningkatkan rasa kenyang karena memberi sinyal pelepasan hormon penekan nafsu makan, memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah. Berikut ini beberapa camilan berptotein tinggi yang sehat.

Dendeng

Dendeng adalah daging yang telah dihilangkan lemaknya, dipotong-potong dan dikeringkan. Ini bisa menjadi camilan sehat dan aman. Dendeng sangat tinggi protein, tetapi perlu diingat bahwa versi yang dibeli di toko biasanya mengandung tinggi gula.

Tuna

Tuna sarat dengan protein dan membuat camilan yang sangat sehat dan nyaman. Satu cangkir mengandung 89 gram protein yang luar biasa. Selain itu, tuna mengandung banyak nutrisi lain, seperti omega-3 dan vitamin B.

Telur Rebus

Telur tidak dapat disangkal sehat, terdiri dari hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mereka sangat tinggi akan vitamin B dan trace mineral. Selain bergizi telur rebus sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat. Satu butir telur resbu terdiri dari 6 gram protein, yang akan membuatmu kenyang.

Daging

makan sehat
ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

Daging yang tidak diproses dan dimasak dengan lembut adalah salah satu makanan bergizi yang bisa dimakan. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber protein terbaik yang ada dan mengandung zat besi. Dada ayam rendah lemak dan kalori tetapi sangat tinggi protein. Ini adalah sumber nutrisi yang bagus.

Kacang-kacangan

Meskipun tinggi lemak dan kalori, kacang-kacangan dapat membantumu menurunkan berat badan. Makanan ini renyag, mengenyangkan dan sarat dengan nutrisi penting yang banyak, orang tidak dapat, termasuk magnesium dan vitamin E. Makanana ini hampir tidak memerlukan persiapan, sehingga mudah ditambahkan ke camilanmu. Kacang-kacangan yang dapat dinikmati seperti almond, kacang macadamia, kenari, dan kacang tanah.

Biji-bijian

Meskipun Biji-bijian telah mendapat rap buruk dalam beberapa tahun terakhir, namun beberapa jenis biji-bijian sangat sehat. Ingatlah karbohidrat tersebut relatif tinggi, sehingga tidak direkomendasikan untuk diet rendah karbohirat. Biji-bijian yang dapat dijadikan camilan tinggi protein adalah nasi merah, oat, dan kacang hijau.

Produk Susu

Bagi mereka yang dapat menoleransi, produk susu adalah sumber sehat berbagai nutrisi penting. Susu penuh lemak tampaknya menjadi yang terbaik dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi susu penuh lemak memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas dan diabetes tipe 2. Jika susu berasal dari sapi yang diberi makan rumput, mungkin lebih bergizi. Karena lebih tinggi dalam beberapa asam lemak nioaktif seperti asam linoleat terkonjugasi. Produk susu yang dapat dikonsumsi seperti keju, susu murni dan yogurt.

Apakah Sahabat Fimela ingin merombak diet atau sekedar mengganti makanan, mudah untuk menambahkan sejumlah makanan ini ke dalam rutinitas. Banyak makanan di atas hanya membuat camilan yang enak tapi juga dikemas dengan vitamin dan antioksidan.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓