Sukses

Lifestyle

Buah dan Sayur Tidak Boleh Dicuci dengan Sabun selama Pandemi Virus Corona, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa ternyata para ahli sangat tidak menyarankan untuk mencuci bahan buah dan sayur dengan sabun selama pandemi virus Corona? Walaupun sabun adalah kebutuhan pokok di dapur yang dianggap efektif untuk mencegah penyebaran virus, namun sabun tidak diformulasikan untuk membersihkan makanan.

Mengonsumsi sabun yang ada pada makanan dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan bentuk lain dari gangguan pencernaan. Bahkan ada beberapa gejala yang mirip dengan gejala infeksi virus Corona.

Dalam bahasa medis dinamakan gastrointestinal yang umumnya terjadi setelah mengonsumsi sabun dalam jumlah yang relatif besar. Selain itu, dilansir dari huffpost.com, Rabu (15/4/2020), mencuci bahan makanan dengan sabun juga dapat mempengaruhi rasa.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk membersihkan bahan makanan seperti buah dan sayur selama pandemi virus Corona? Para pakar menyarankan untuk mencuci bahan makanan dengan air mengalir, tanpa sabun atau produk pembersih.

 

Tips mencuci buah dan sayur selama pandemi virus Corona

Untuk beberapa bahan makanan yang keras, seperti melon, timun, wortel, dan alpukat, kamu bisa menggunakan sikat gosok yang lembut. Terkadang mikroba dapat menempel pada celah atau bagian tertentu dari buah dan sayur yang tidak dapat dijangkau oleh air, namun sabun tidak memberi manfaat lebih dalam masalah ini.

Perhatikan juga suhu air yang kamu gunakan, pastikan mencuci buah dan sayur dengan air dingin, karena air panas dapat menyebabkan bahan makanan tersebut layu dan rusak. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading