5 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Gayuh Tri Pinjungwati13 Apr 2020, 20:15 WIB
teh hijau

Fimela.com, Jakarta Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman yang paling sehat. Teh hijau mengandung antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti peningkatan fungsi otak, kehilangan lemak, melindungi terhadap kanker dan menurunkan risiko penyakit jantung. Bahkan mungkin ada manfaat kesehatan yang lebih potensial. Berikut ini beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Bahan aktif utama adalah kafein, yang merupakan stimulan yang dikenal. Ini tidak mengandung sebanyak kopi, tetapi cukup untuk menghasilkan respon tanpa menyebabkan efek gelisah, terkait dengan mengonsumsi terlalu banyak kafein. Kafein memengaruhi otak dengan memblokir neurotransmiter penghambat yang disebut adenosine. Dengan cara ini, sebenarnya meningkatkan pembakaran neuron dan konsentrasi neurontrasmiter seperti dopamin dan norepinefrin.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengingat bahwa teh hijau dapat meningkatkan laju metabolisme dalam jangka pendek, masuk akal bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi lemak tubuh tertama di daerah perut.

Membantu Mencegah Penyakit Kardovaskular

Ilustrasi Penyakit kardiovaskular
Ilustrasi Penyakit kardiovaskular (sumber: iStockphoto)

Penyakit kardiovaskular, teermasuk penyakit jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan beberapa faktor risiko utama untuk penyakit-penyakit ini yang meliputi peningkatan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL. Teh hijau juga dapat meningkatkan kapasitas antioksidan darah, yang melindungi partikel LDL dari oksidasi yang merupakan salah satu bagian dari jalur menuju penyakit jantung.

Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2

Tingkat diabetes tipe 2 meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Diabetes tipe 2 melibatkan peningkatan kadar gula darah, yang mungkin disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan untuk meproduksi insulin. Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

Dapat Mengurangi Bau Mulut

Katekin dalam teh hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan mulut. Studi menunjukkan bahwa katekin dapat menekan pertumbuhan bakteri, berpotensi menurunkan risiko infeksi. Streptocooccus mutans adalah bakteri umum di mulut. Ini menyebabkan pembentukan plak dan merupakan kontributor utama untuk gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Teh hijau memiliki beragam manfaat kesehatan. Untuk membantu dirimu merasa lebih baik, menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit kronis, dirimu mungkin mempertimbangkan menjadikan teh hijau sebagai bagian rutin dari hidupmu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓