Pelajaran Penting yang Bisa Diambil dari Drama Korea Itaewon Class dari Segi Karakter

Kezia Prasetya Christvidya13 Apr 2020, 17:48 WIB
itaewon class-kezo

Fimela.com, Jakarta Drama Korea Itaewon Class adalah drama Korea dengan rating tertinggi pada akhir Januari lalu. Drama Korea ini diadaptasi dari kisah webtoon. Itaewon Class adalah drama dengan 16 episode. Drama ini menceritakan tentang Park Sae Ro Yi yang diperankan Park Seo Joon, yang pindah sekolah ke SMA Gwangjin. Namun ia mendapat masalah disekolah tersebut.

Drama ini memiliki banyak konflik, hingga menyebabkan Sae Ro Yi dimasukkan dalam penjara selama 3 tahun. Setelah dilepaskan dari penjara, Park Sae Ro Yi membuka bisnis restoran, dan kemudian ia sukses.

Drama Korea ini mengajarkan kita tentang hidup yang penuh lika liku, namun harus tetap maju dan berjuang. Berikut pelajaran penting yang bisa diambil dari drama Korea Itaewon Class dari segi karakter:

Park Sae Ro Yi

ilustrasi park sae ro yi/jtbc
ilustrasi park sae ro yi/jtbc

Park Sae Ro Yi adalah seorang mantan narapidana. Ia dipenjara karena saat SMA memukuli teman sekelasnya. Teman sekelasnya adalah anak dari pemilik restoran Jangga, restoran nomer 1 di Korea, di tempat ayahnya Sae Ro Yi bekerja.

Karena kejadian tersebut akhirnya ayah Sae Ro Yi di pecat dari restoran tersebut. Kemudian Sae Ro Yi dan ayahnya  membuka usaha kuliner. Karena ada perasaan balas dendam dari Jangga, ayahnya Sae Ro Yi pun di tabrak anak pemilik perusahaan Jangga, hingga meninggal.

Park Sae Ro Yi harus manjalani kehidupannya seorang diri. Dan ia memiliki cita-cita untuk menjatuhkan perusahaan Jangga. Park Sae Ro Yi memiliki impian, bahwa 10 hingga 15 tahun kedepan akan sukses. Maka ia mengumpulkan modal dalam waktu 1 hingga 2 tahun.

Walaupun Jangga adalah musuh terbesar Park Sae Ro Yi, namun Park Sae Ro Yi selalu belajar dan mencuri ilmu bisnis dari perusahaan Jangga. Walaupun lama kelamaan Park Sae Ro Yi memiliki uang dan restorannya laris, Park Sae Ro Yi tidak lupa diri, dan tetap bergaya sederhana.

Sebenarnya Park Sae Ro Yi memiliki banyak uang hasil dari asuransi ayahnya, namun ia tetap berusaha keras menjadi kuli bangunan, untuk mendapatkan modal usaha sendiri. Park Sae Ro Yi mengajarkan kepada kita, jangan takut untuk bermimpi tinggi. Kejarlah mimpi dengan bersungguh-sungguh.

Choi Seung Kwon

ilustrasi choi seung kwon/jtbc
ilustrasi choi seung kwon/jtbc

Park Sae Ro Yi berkenalan dengan Choi Seung Kwon pada saat di penjara. Choi Seung Kwon juga merupakan narapidana. Choi Seung Kwon sangat ingin merubah hidupnya menjadi lebih baik, setelah ia mengenal Park Sae Ro Yi.

Setelah Choi Seung Kwon keluar dari penjara, ia mengunjungi kedai milik Park Sae Ro Yi, dan melamar kerja di restoran milik Park Sae Ro Yi. Dari Choi Seung Kwon ini kita bisa belajar bahwa hidup haruslah berubah. Hidup tidak harus selalu berteman dengan orang yang sama. Kita bisa mengganti lingkungan pertemanan kita ke dalam lingkungan positiv.

Teman yang baik adalah teman yang selalu mendukung mimpi kita, dan selalu mengarahkan kita ke jalan yang benar.

Ma Hyun Yi

ilustrasi ma hyun yi/jtbc
ilustrasi ma hyun yi/jtbc

Karakter Ma Hyun Yi adalah karakter kuat yang bisa kita tiru. Awalnya Ma Hyun Yi adalah seorang tukang bangunan, dan pada akhirnya ia adalah seorang chef. Sebenarnya Ma Hyun Yi bukan orang yang pandai memasak. Bahkan Ma Hyun Yi sudah hampir dipecat karena masakannya tidak enak.

Ma Hyun Yi terus berjuang dan berusaha untuk membuktikan bahwa dia bisa memasak. Sampai akhirnya Park Sae Ro Yi mempercayakan Ma Hyun Yi untuk mengikuti kontes masak. Pada saat kontes memasak, Ma Hyun Yi mendapatkan berita buruk tentang dirinya, yang sempat membuat mentalnya jatuh.

Karena kontes memasak itu penting untuk pembuktian diri Ma Hyun Yi dan restoran, Park Sae Ro Yi memberikan semangat kepada Ma Hyun Yi agar dia bangkit. Dengan adanya mimpi yang kuat, Ma Hyun Yi pun tetap maju untuk mengikuti kontes masak tersebut. Akhirnya Ma Hyun Yi menang kontes memasak skala nasional.

Ma Hyun Yi mengajarkan kepada kita, meskipun harga diri dan impian disepelekan orang lain, kita harus tetap bangkit menunjukkan diri kita berharga dan terus mengejar mimpi.

Oh Soo Ah

ilustrasi oh soo ah/jtbc
ilustrasi oh soo ah/jtbc

Oh Soo Ah adalah sahabat Park Sae Ro Yi dari kecil, dan juga cinta pertamanya Park Sae Ro YiOh Soo Ah merupakan yatim piatu, yang memutuskan untuk bekerja di perusahaan Jangga, yang mana perusahaan tersebut adalah musuh Park Sae Ro Yi.

Oh Soo Ah ini tetap menjaga hubungan dekat dengan Park Sae Ro Yi, walaupun ia adalah tangan kanan Jangga. Sebenarnya keluarga Oh Soo Ah ini juga terbunuh oleh Jangga, dan ia ingin membalaskan dendamnya kepada perusahaan Jangga.

Oh Soo Ah memiliki cara untuk menjatuhkan Jangga, ia harus ada di posisi karier tertinggi, di perusahaan tersebut. Maka dari itu Oh Soo Ah tidak bisa mengungkapkan perasaannya kepada Park Sae Ro Yi, agar Oh Soo Ah mendapatkan kepercayaan karier tertinggi di perusahaan Jangga.

Selama 10 tahun, Oh Soo Ah menjalani kehidupan yang sangat berat. Oh Soo Ah rela menunggu cinta Park Sae Ro Yi, dan juga rela bertahan di perusahaan Jangga untuk menghancurkan perusahaan Jangga, demi membuat Park Sae Ro Yi bangga.

Karakter Oh Soo Ah ini adalah karakter yang memiliki kepribadian kuat. Walaupun dia sudah berhasil menjatuhkan perusahaan musuh orang yang ia sayang, namun ia tetap tidak mendapatkan cintanya Park Sae Ro Yi. Dari Oh Soo Ah kita bisa belajar, walaupun kita sudah berjuang demi cinta kita, namun cinta tidak harus memiliki.

Lanjutkan Membaca ↓