Sukses

Lifestyle

Gunakan Masker Kain dengan Benar, Cek Kurasi dari Tokopedia!

Fimela.com, Jakarta Di tengah musim pancaroba dan virus yang bertebaran seperti sekarang ini, menjaga kondisi tubuh dengan effort yang ekstra memang penting untuk mencegah penyakit menyerang. Berbagai langkah pencegahan pun dihimbau pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus di Indonesia, mulai dari rutin mencuci tangan dan social distancing yang sudah dilaksanakan sejak sebulan yang lalu.

Paling baru, berdasarkan rekomendasi WHO, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau menggunakan fasilitas umum. Masker yang disarankan bukanlah masker bedah atau masker N95 karena jenis tersebut khusus dipakai tenaga medis, melainkan masker kain minimal dua lapis.

Meskipun dinilai hanya bisa menangkal bakteri dan virus sebanyak 70% karena terbuat dari bahan yang berbeda dari masker bedah atau N95, tapi ada beberapa cara penggunaan masker kain yang lebih efektif dalam menangkal virus. Baca artikelnya sampai selesai, yuk!

Pastikan Ukurannya Sesuai

Supaya masker kain bisa menangkal bakteri dan virus lebih maksimal, pastikan pakai masker kain yang ukurannya pas dan sesuai dengan wajah. Masker yang digunakan harus bisa menutup area hidung, mulut, hingga dagu dengan pas dan tidak longgar. Gunakan masker kain minimal dua lapis dengan tambahan lapisan tisu basah sebagai filter udara.

Perhatikan Cara Penggunaan Masker

Sebelum menggunakan masker, pastikan cuci tangan dengan air dan sabun untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di tangan. Setelah itu, pakai masker di wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat dengan erat di belakang kepala. Hindari menyentuh masker yang digunakan. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang longgar, jangan lupa cuci tangan terlebih dulu.

Gunakan Masker Kain Maksimal 4 Jam

Yang perlu kamu tahu, masker kain hanya bisa digunakan maksimal 4 jam. Setelah dipakai, masker kain harus langsung dicuci dengan air dan deterjen lalu jemur hingga kering. Jangan lupa untuk segera ganti dan buang masker kain jika sudah robek atau rusak.

Saatnya miliki persediaan masker kain di rumah yang bisa digunakan jika ada keperluan yang mendesak saat harus keluar rumah. Beli masker kain secara praktis hanya di Tokopedia, yuk! Tokopedia mendukung #GerakanMaskerKain yang digalakkan pemerintah untuk mencegah penularan virus. Lewat program Tokopedia Peduli Sehat, ada berbagai kurasi produk masker kain sekaligus mendukung bisnis UMKM yang ada di Tokopedia.

Selain menggunakan masker kain, perhatikan juga jarak aman selama berada di luar rumah. WHO menyarankan untuk menjaga jarak aman minimal 1-2 meter selama masa physical distancing untuk mencegah penularan virus. Tapi, yang paling utama adalah tetap tinggal di rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading