Sukses

Lifestyle

11 Ciri Terinfeksi Virus Corona, dari Mata Pink Hingga Kulit Gatal

Fimela.com, Jakarta Virus corona telah menyebar luas di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Cara untuk menghentikan virus corona atau Covid-19 dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari menyentuh wajah, tetap di rumah, dan mengetahui gejala.

Mengetahui gejala penting agar kita tidak menular virus corona kepada orang lain. Lalu apa ciri-ciri terkena virus corona? berikut Dilansir dari edition.CNN.com.

1. Napas pendek

Sesak napas biasanya bukan merupakan gejala awal Covid-19, tetapi gejala ini sangat serius. Bahkan bisa terjadi tanpa batuk.

Jika dada terasa ketat atau mulai merasa seolah-olah tidak bisa bernapas cukup dalam untuk mengisi paru-paru dengan udara, itu pertanda untuk langsung memeriksakan diri pada ti medis.

"Jika ada sesak napas segera hubungi penyedia layanan kesehatan , perawatan darurat setempat atau departemen darurat," kata Presiden Asosiasi Medis Amerika Dr. Patrice Harris.

CDC mencantumkan tanda-tanda peringatan darurat lain untuk Covid-19 sebagai "rasa sakit yang terus-menerus atau tekanan di dada," dan "bibir atau wajah kebiruan," yang dapat mengindikasikan kekurangan oksigen.

2. Demam

Demam adalah tanda kunci Covid-19. Karena beberapa orang dapat memiliki suhu tubuh inti lebih rendah atau lebih tinggi dari suhu normal 37,6 derajat, para ahli mengatakan tidak memfokuskan pada angka.

Jangan mengandalkan suhu yang diambil di pagi hari, kata pakar penyakit menular Dr. William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville.

"Suhu kami tidak sama di siang hari. Pada pukul delapan pagi, itu mungkin normal," jelas Schaffner. Sebagai gantinya, ambil suhu tubuh di sore hari dan malam hari.

"Salah satu gejala demam yang paling umum adalah suhu tubuh Anda naik di sore hari dan sore hari. Itu adalah cara umum virus menghasilkan demam."

3. Batuk kering

Batuk adalah gejala umum lainnya, tetapi itu bukan batuk biasa. Batuk itu mengganggu, batuk kering yang dirasakan jauh di dalam dada.

"Itu berasal dari tulang dada, dapat mengatakan bahwa tabung bronkial meradang atau teriritasi," tambah Schaffner.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada bulan Februari menemukan lebih dari 33% dari 55.924 orang dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi laboratorium telah batuk berdahak, lendir kental yang kadang-kadang disebut dahak, dari paru-paru mereka.

4. Menggigil dan sakit tubuh

Rasa menggigil dan sakit di sekujur tubuh biasanya datang pada malam hari. Serta dapat kedinginan seperti flu yang lebih ringan, kelelahan dan sakit pada sendi dan otot, yang dapat membuatnya sulit untuk mengetahui apakah itu flu atau virus corona. Salah satu tanda terinfeksi COVID-19 adalah jika gejala tidak membaik setelah seminggu atau lebih dan terus memburuk.

5. Kebingungan yang tiba-tiba

Berbicara tentang tanda-tanda yang memburuk, CDC mengatakan kebingungan yang tiba-tiba atau ketidakmampuan untuk bangun dan waspada mungkin merupakan tanda serius bahwa perawatan darurat mungkin diperlukan. Jika memiliki gejala-gejala tersebut, terutama dengan tanda-tanda kritis lainnya seperti bibir kebiru-biruan, kesulitan bernapas atau nyeri dada, CDC mengatakan untuk segera mencari bantuan.

6. Masalah pencernaan

Dalam sebuah studi di luar China di mana mereka melihat beberapa pasien yang paling awal, sekitar 200 pasien, mereka menemukan bahwa gejala pencernaan atau lambung (gastrointestinal) sebenarnya ada di sekitar setengah dari pasien.

Studi ini menggambarkan subset unik dari kasus-kasus ringan di mana gejala awal adalah masalah pencernaan seperti diare, seringkali tanpa demam.

7. Mata merah muda

Penelitian dari Cina, Korea Selatan dan bagian lain dunia menunjukkan bahwa sekitar 1% hingga 3% orang dengan Covid-19 juga menderita konjungtivitis, umumnya dikenal sebagai mata merah muda.

Konjungtivitis, suatu kondisi yang sangat menular ketika disebabkan oleh virus, adalah peradangan pada lapisan jaringan yang tipis dan transparan, yang disebut konjungtiva, yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata.

Tetapi SARS-CoV-2 hanyalah salah satu dari banyak virus yang dapat menyebabkan konjungtivitis, sehingga tidak mengejutkan bagi para ilmuwan bahwa virus yang baru ditemukan ini akan melakukan hal yang sama.

Namun, mata merah muda atau merah bisa menjadi satu tanda lagi bahwa harus menghubungi dokter.

8. Kehilangan bau dan rasa

Pada kasus virus corona yang ringan hingga sedang, hilangnya bau dan rasa muncul sebagai salah satu tanda awal COVID-19 yang paling tidak biasa. Sebuah analisis terbaru terhadap kasus-kasus ringan di Korea Selatan menemukan gejala utama pada 30% pasien adalah hilangnya penciuman. Di Jerman, lebih dari dua dari tiga kasus yang dikonfirmasi menderita anosmia.

9. Kelelahan

Bagi sebagian orang, kelelahan ekstrem bisa menjadi tanda awal coronavirus baru. Laporan WHO menemukan hampir 40% dari hampir 6.000 orang dengan kasus yang dikonfirmasi laboratorium mengalami kelelahan.

10. Sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat

Laporan WHO juga menemukan hampir 14% dari hampir 6.000 kasus Covid-19 di Cina memiliki gejala sakit kepala dan sakit tenggorokan, sementara hampir 5% memiliki hidung tersumbat.

Gejala lainnya masih bisa menyerupai pilek atau alergi, seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Kemungkinan besar, kata para ahli, Anda hanya terserang flu atau flu - setelah semua, mereka dapat menyebabkan demam dan batuk juga.

11. Gejala dematologis

Ahli Perancis baru-baru ini mengatakan bahwa virus corona SARS-CoV-2 dapat menyebabkan gejala dermatologis, seperti pseudo-frostbite (radang dingin semu), kulit kemerahan yang kadang menyakitkan, dan gatal-gatal.

"Gejala dermatologis dapat muncul tanpa disertai gejala pernapasan," ungkap SNDV dalam siaran persnya, seperti dilansir The Jerusalem Post,

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading