Manfaat Konsumsi Granola untuk Kesehatan

Kezia Prasetya Christvidya14 Apr 2020, 17:05 WIB
granola-kezo

Fimela.com, Jakarta Masyarakat semakin sadar bahwa kesehatan itu nomer 1. Masyarakat mulai menerapkan pola hidup dengan melakukan diet sehat.

Diet tidak selalu dilakukan untuk menurunkan berat badan saja. Diet dilakukan agar pola makan sehari-hari lebih teratur, dengan mengonsumsi gizi yang seimbang.

Salah satu pola diet sehat adalah mengganti menu sarapan dengan granola, atau mengonsumsi granola sebagai camilan.

Granola adalah makanan yang terbuat dari gandum, buah-buahan kering, dan juga kacang-kacangan. Granola dibuat dengan dipanggang, dan diberi sedikit madu sebagai pemanis. Granola memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Karena granola terbuat dari gandum.

Granola juga mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin C dan juga vitamin B kompleks. Selain mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh, granola juga mengandung zat gizi mikro berupa mineral. Granola memiliki banyak manfaat, bisa untuk menjaga metabolisme tubuh, dan bisa dikonsumsi untuk diet.

Granola juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat konsumsi granola untuk kesehatan:

Konsumsi Granola untuk Memperbaiki Sistem Pencernaan

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Granola mengandung serat yang baik. Kandungan serat yang dimiliki granola bisa memperbaiki sistem pencernaan. Granola mengandung 2 jenis serat, yaitu serat yang larut dan juga serat yang tidak larut.

Kandungan serat tidak larut yang ada pada granola, akan membuat BAB lancar melewati usus. Sedangkan kandungan serat yang larut, memiliki manfaat untuk memberikan nutrisi bagi bakteri probiotik yang ada di usus.

Orang yang sering mengonsumsi granola, akan memiliki sistem pencernaan yang baik.

Konsumsi Granola untuk Meningkatkan Energi

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Mengonsumsi granola bisa untuk menambah energi sehari-hari. Karena granola memiliki kandungan zat gizi yang seimbang. Granola tidak memiliki kandungan gula. Namun granola mengandung mangan yang baik untuk tubuh.

Konsumsi granola sangat penting untuk aktivitas metabolisme tubuh. Granola bisa merangsang jaringan dan mendistribusi sumber daya ke seluruh tubuh.

Granola Mengandung Protein Nabati yang Tinggi

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Granola terbuat dari buat-buahan yang kering, dan juga terbuat dari kacang-kacangan. Bahan untuk membuat granola bersumber dari tanaman yang bersifat nabati. Makanan yang mengandung nabati, akan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Protein bisa membantu memperbaiki jaringan pada tubuh. Protein juga bisa membantu untuk membentuk hormon serta enzim di dalam tubuh. Selain itu, protein bisa membentuk antibodi pada tubuh, untuk membantu tubuh menyerang virus.

Granola Membantu Menurunkan Berat Badan

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Granola paling sering dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Karena granola termasuk makanan ringan, yang sehat untuk dijadikan camilan. Kolesterol dan sodium yang ada pada granola ini sangat rendah. Sehingga granola bisa membantu menurunkan berat badan.

Granola mengandung serat yang baik. Serat bisa membantu perut untuk menahan rasa lapar.

Granola Bisa Mencegah Anemia

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Anemia tau kekurangan darah bisa mengganggu kesehatan, dan bisa membuat badan lemah. Anemia terjadi karena kurangnya kandungan zat besi yang ada di dalam darah. Padahal zat besi adalah kandungan paling penting, untuk membangun sel darah merah.

Anemia dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan, sakit kepala, dan juga menyebabkan gangguan pada usus. Granola memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Sehingga granola bisa membantu mencegah anemia.

Granola yang siap dikonsumsi biasanya mengandung zat besi yang lebih banyak, dibandingkan dengan granola yang dibuat sendiri di rumah.

Granola Meningkatkan Kognisi Otak

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Sarapan merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap harinya. Karena bisa menambah energi untuk beraktivitas setiap hari. Sarapan dengan granola merupakan solusi yang tepat.

Granola bisa membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Karena mengandung kalium yang tinggi, dan sodium yang rendah. Maka granola bisa mencegah hipertensi. Ketika tekanan darah menurun, pembuluh darah menjadi rileks, dan akan membuat produksi oksigen meningkat.

Peningkat oksigen dan aliran darah ke otak, dapat membuat peningkatan fungsi kognitif, serta meningkatkan kecepatan respons saraf dan membentuk jalur saraf.

Granola Membantu dalam Merawat Kesehatan Kulit

ilustrasi granola/unsplash
ilustrasi granola/unsplash

Granola memiliki kandungan vitamin E. Memakan 1 buah granola bisa menambah vitamin E di tubuh sekitar 20% vitamin E dari kebutuhan harian.

Vitamin E bisa menjaga kesehatan kulit, seperti melindungi kulit dari penuaan dini, dan juga memudarkan kerutan dalam kulit. Jika terkena matahari, granola bisa membantu mengurangi rasa sakit, dan juga luka kemerahan.

Selain itu, kandungan vitamin E pada granola juga membuat kuku lebih cantik.

Lanjutkan Membaca ↓