Sukses

Lifestyle

Langkah Sederhana untuk Menenangkan Stres saat Mengalami Kelelahan

Fimela.com, Jakarta Mengelola stres adalah faktor kunci dalam mengalami kelelahan. Jika merasa kewalahan dan tertekan dan khawatir bahwa dirimu berada di ambang kelelahan, maka ada langkah-langkah penting yang perlu diambil untuk menjaga agar tidak mengendalalikan kesehatan mentalmu. Mempelajari cara memulihkan diri dari kelelahan dan berlatih menghilangkan stres untuk mengelola kecemasan tidak harus rumit.

Terlalu banyak pekerjaan, terlalu banyak kehidupan, terlalu sedikit perawatan diri dan kelelahan akan menyerang seseorang. Tetapi apakah benar-benar kelelahan seperti yang dirimu pikirkan? Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu menenangkan stres dan kecemasan ketika berada di ambang kelelahan.

Jangan Melawan Stres

Stres itu nyata, menyangkal bahwa dirimu terlalu banyak bekerja, lelah, membuthkan waktu istirahat, membutuhkan sentuhan, membutuhkan istirahat tidak akan menyebabkan perasaan itu hilang.  Bahkan, dengan menyangkal bahwa perasaan itu ada, dirimu sebenarnya memberi mereka kekuatan, karena butuh energi untuk menyangkal sesuatu yang benar-benar terjadi. Dirimu tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Jika dirimu melakukannya, reaksi terhadap stres akan terus muncul, seperti seorang pembawa pesan, memintamu untuk mendengarkan dan mengubah sesuatu dalam hidupmu. Kuncinya adalah agar dirimu bersedia melakukan sesuatu yang berbeda untuk mengurangi stres.

Jangan Menyerah

Ada banyak yang bisa dikatakan ketika dirimu terus berjalan meskipun merasa ingin berhenti. Pengalaman mengatasi rintangan dan mengari tubuh, pikiran, dan hatimu bahwa dirimu memiliki stamina untuk bertahan adalah sama dengan membangun otot. Ketika dirimu mengajarkan pikiranmu bahwa stres menyebabkanmu tumbuh dalam versi dirimu yang lebih kuat dan lebih sehat, itu bisa menjadi sesuatu untuk dipelajari. Dalam jumlah sedang, itu benar-benar mendorongmu untuk menjadi versi yang lebih baik, seperti halnya penyembuhan otot semakin kuat. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa otot tidak dapat tumbuh tanpa mengalami kerusakan otot. Stres pada otot diperlukan untuk menginsiprasi kekebalan alami tubuh. Seolah-olah bagian dari tubuh tidak berfungsi sampai stres dialami.

Berhentilah Sejenak dari Kegiatan

Otot tidak dapat tumbuh tanpa istirahat. Mereka membutuhkan waktu istirahat di sela-sela latihan untuk penyembuhan yang dijelaskan di atas. Ini adalah cara alami tubuh untuj memanggil bahwa tubuhmu butuh istirahat. Jika merasa kehabisan tenaga, dan kelelahan. Jawabannya adalah mendengarkan perasaan itu dan berusaha mengukir waktu untuk beristirahat.  Pada saat-saat tertentu, pertimbangkan untuk melakukan hal-hal seperti tidur lebih banyak, mengonsumsi makanan sehat, kurangi minuman beralkohol atau kafein, istirahat kapan pun dirimu inginkan, matikan ponsel, katakan.

Jangan Fokus pada Hal Negatif

Tidak ada yang lebih kuat dari kata-kata di kepala. Jika dirimu menggerutu atau berbicara negative terhadap diri sendiri ada korelasi langsung dengan apa yang dirimu yakini tentang diri sendiri dan kemampuanmu. Secara ilmiah, ketika dirimu mengalami stres, keyakinan bahwa stres itu positif atau negatif dapat benar-benar memengaruhi bagian-bagian tertentu dari DNAmu. Studi menunjukkan bahwa ketika persepsi peristiwa stres sangat negatif, hal itu dapat menyebabkan pemendekan jenis tertentu dari urutan DNA yang melindungi ujung-ujung kromosom. Menghindari kelelahan memerlukan pemikiran baru tentang stres. Ketika dirimu merasa lelah, gunakan kekhwatiranmu untuk mengurangi stres. Apa yang dapat dirimu lakukan untuk mengubah stres, hubunganmu dengan stresa atau keterampilanmu mengatasi?

Ketika dirimu mengahbiskan lebih banyak waktu berfokus pada tetap sehat daripada mengabaikan penyebab stres, dirimu akan merasa diberdayakan dan kurang terbebani, dan ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari kejenuhan.

Jangan pernah menyepelekan rasa lelah dalam diri kita, hal ini dapat memengaruhi tingkat tres yang dialami seseorang. Usahakan untuk melakukan istirahat teratur dan penuhi nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading