Mengenal Webinar, Teknologi Seminar Secara Online yang Menjadi Alternatif di Tengah Pandemi Covid-19

Imelda Rahma15 Apr 2020, 17:05 WIB
Webinar

Pandemi Covid-19 mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan diluar rumah kini semua terpusat di rumah. Tentu ini bertahan dalam waktu yang lama dan menjadi kebiasaan baru.

Salah satu aktivitas yang sering dilaksanakan pada hari-hari biasa adalah seminar. Seminar merupakan event yang banyak dilakukan dalam segala aspek. Seminar untuk bisnis, akademik, politik, dan masih banyak lagi. Seminar mempertemukan banyak orang untuk saling berdiskusi mengenai topik tertentu.

Mengingat pandemi Covid-19 bergerak dengan cepat dan menyebar melalui satu manusia ke manusia lain maka, kegiatan seminar pasti tidak bisa dilakukan. Kegiatan seminar identik dengan mengumpulkan banyak orang, tentu tidak bisa dilaksanakan selama pandemi ini berlangsung.

Akan tetapi tahukah kamu, jika saat ini seminar bisa dilakukan tanpa harus tatap muka atau dilakukan secara online. Seminar secara online biasa dikenal kini dengan istilah Webinar, teknologi seminar secara online. Kamu tetap bisa mengadakan seminar dan mengundang banyak orang.

Kalau kamu mulai penasaran dan ingin tahu banyak tentang webinar, Fimela.com kali ini akan membahas webinar sebagai teknologi seminar secara online yang menjadi alternatif di tengah pandemi Covid-19. Simak penjelasannya berikut ini.

Webinar-Teknologi Seminar Online

Webinar-Teknologi Seminar Online
Ilustrasi Penggunaan Webinar Credit: pexels.com/Julia

Mengenal dan memahami webinar bisa dimulai dengan membedah kata webinar itu sendiri yang merupakan singkatan dari web dan seminar. Dimulai dari web yang dimaksudkan artinya adalah penggunaan jaringan internet sementara seminar adalah kata lain untuk menunjuk istilah pertemuan.

Maka, melalui pembedahan kata diatas, didapatkan informasi bahwa webinar adalah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet. Mekanisme webinar sendiri sama seperti seminar biasa hanya saja dilakukan secara digital melalui software atau layanan webinar.

Mekanismenya, setiap peserta seminar yang ingin bergabung dengan webinar tersebut masuk pada jaringan webinar melalui perangkat onlinenya masing-masing. Melalui webinar, setiap peserta seminar dan presentator akan mendapatkan output berupa visual audio. Semuanya ditampilkan dan dihubungkan oleh perangkat yang didukung koneksi internet.

Menggunakan aplikasi webinar tentunya sangat praktis dan mudah karena kamu hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat seperti laptop, computer, smartphone atau tablet. Ketika dua hal tersebut sudah terpenuhi maka, kamu bisa langsung melakukan dan mengikuti seminar dimana saja dan kapan saja.

Kelebihan dan Kekurangan Webinar

Kelebihan dan Kekurangan Webinar
Ilustrasi Perangkat Elektronik Credit: pexels.com/Mateusz

Sama seperti inovasi teknologi pada umumnya, webinar juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai sarana untuk mengadakan seminar online. Berbicara mengenai kelebihan, pastinya webinar merupakan alternatif yang wajib dicoba untuk tetap mengadakan seminar ditengah pandemi Covid-19.

Kemudian karena dijalankan secara digital maka terlihat sangat praktis dan mudah karena kamu tidak harus pergi keluar rumah untuk menghadiri dan mengikutinya. Hal ini juga secara otomatis akan menghemat biaya karena biasanya dilaksanakan secara gratis jika dibandingkan dengan seminar offline yang biasanya berbayar.

Bagi presentator, ini juga bisa jadi menguntungkan karena tidak perlu mengalami demam panggung saat akan melakukan presentasi dalam seminarnya. Biasanya jika dilaksanakan secara online maka, segala sesuatunya akan terlihat dan harus terlihat sebaik mungkin, sementara dengan webinar, tekanan tersebut akan berkurang.

Sementara kekurangannya, webinar pasti sulit diikuti oleh peserta yang berada pada daerah dengan minim koneksi internet. Tentunya ini akan mengganggu stabilitas jaringan pada saat melakukan akses. Belum lagi kekhawatiran terhadap gangguan-gangguan tekhnis yang bisa terjadi selama seminar berlangsung.

Selain itu, kekurangan lainnya dalam memakai webinar juga akan berdampak pada jalannya interaksi yang tidak akan bisa sedekat ketika seminar dilaksanakan secara offline. Terakhir, kekurangan dari webinar adalah masalah keamanan karena dilakukan secara digital maka, data privasi kita rentan diakses oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tips Melakukan Seminar Online Dengan Webinar

Tips Melakukan Seminar Online Dengan Webinar
Ilustrasi Penggunaan Webinar Credit: pexels.com/Edward

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar aktivitas seminar online yang dilakukan dengan menggunakan webinar bisa berjalan dengan lancar. Hal ini penting karena akan menentukan jalannya seminar, baik presentator maupun peserta. Berikut tips yang bisa kamu coba ketika akan melakukan seminar online:

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil ketika akan mengikuti seminar online, bisa menggunakan wifi atau kouta data yang kamu miliki.

Pastikan perangkan yang akan kamu gunakan juga dalam kondisi baik, perhatikan baterainya dan cek audionya sehingga kamu lebih siap saat mengikuti seminar online.

Walaupun dilaksankan secara online, pastikan kamu berada ditempat yang aman dan tenang agar kamu bisa konsentrasi saat mendengarkan penjelasan dari presentator.

Lanjutkan Membaca ↓