Sukses

Lifestyle

Susah Tidur Nyenyak saat Haid? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini

ringkasan

  • Melakukan Gerakan Yoga
  • Kompres Hangat
  • Tidur dengan Posisi Janin

Fimela.com, Jakarta Nyeri perut, sakit kepala, nyeri payudara, dan badan yang rasanya pegal-pegal selama haid memang sangat mengganggu. Bahkan untuk tidur pun susah untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Sehingga sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak.

Menjelang haid, biasanya tubuh akan terasa gampang capek. Melansir sleepscore.com, kondisi ini dipengaruhi oleh hormon progesteron. Hormon ini berhubungan dengan suhu tubuh dan rasa letih. Bila hormon kita membuat tubuh lebih hangat dari normal, maka akan sulit bagi kita untuk bisa tidur lebih nyenyak. Agar bisa lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak, ada sejumlah tips yang bisa dicoba.

1. Melakukan Gerakan Yoga

Penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu redakan nyeri yang berhubungan dengan kram karena haid. Lakukan beberapa gerakan yoga sederhana atau peregangan sebelum tidur. Dengan begitu, otot-otot tubuh akan lebih rileks dan membantu kita tidur lebih nyenyak.

2. Kompres Hangat

Nyeri perut atau nyeri perut bagian bawah memang sangat mengganggu. Bila mengalami hal tersebut dan sulit tidur, coba kompres dengan botol yang diisi air hangat. Bisa juga siapkan heat wrap untuk bantu meredakan rasa nyerinya.

3. Tidur dengan Posisi Janin

Untuk bantu redakan nyeri perut atau kram perut, coba tidur meringkuk seperti posisi janin. Dengan posisi ini, tekanan pada otot-otot perut akan berkurang sehingga bantu meredakan nyeri. Sehingga bisa tidur dengan lebih cepat.

 

4. Buat Kamar Tidur Lebih Sejuk

Meningkatnya hormon yang membuat suhu tubuh naik saat sedang haid bisa menjadi penyebab sulit tidur. Coba kondisikan kamar tidurmu sesejuk mungkin. Pastikan aliran udara lancar dan membuatmu bisa bernapas dengan lega.

5. Rilekskan Diri sebelum Tidur

Seringkali saat menjelang atau sedang haid, suasana hati kita memburuk. Hal ini membuat kita stres dan uring-uringan. Cobalah untuk merilekskan diri sebelum tidur. Bisa dengan mandi air hangat atau sekadar mendengarkan musik lembut.

Itu tadi empat tips praktis yang bisa dicoba untuk membantumu tidur nyenyak selama haid. Semoga bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading