Sukses

Lifestyle

4 Jenis Makanan Tahan Lama, Cocok untuk Stok Sahur Darurat

ringkasan

  • Oats
  • Sereal Kaya Serat
  • Yogurt

Fimela.com, Jakarta Makan sahur sangatlah penting sebagai bagian dari rutinitas puasa selama bulan Ramadan. Selain ada keberkahan tersendiri yang kita dapat dari waktu sahur, makan sahur juga dapat memberi energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas selama puasa. Idealnya menu sahur dipersiapkan malam hari sebelumnya, tapi bila khawatir tak bisa selalu punya waktu untuk menyiapkan makan sahur, ada baiknya untuk menyiapkan stok makanan khusus.

Melansir nutrition.org.uk, saat sahur sangat disarankan minum cukup air dan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya. Selain itu, pilih makanan yang mengandung serat tinggi dan biji-bijian utuh (wholegrain) untuk memberi tubuh energi yang cukup serta menjaga pencernaan. Berikut beberapa jenis makanan  yang bisa kita jadikan stok untuk “sahur darurat”.

1. Oats

Pilih yang berasal dari biji-bijian utuh. Kita bisa langsung menyeduhnya dengan air panas dan menambahkan irisan buah atau kacang-kacangan untuk disantap sahur. Bisa juga membuatnya jadi bubur atau overnight oats yang sangat mudah dibuat. Oatmeals bisa membuatmu kenyang lebih lama dan memberi energi yang cukup untuk tubuh beraktivitas seharian.

2. Sereal Kaya Serat

Sereal juga cocok dikonsumsi saat sahur. Sebaiknya pilih yang kaya serat dan tidak terlalu banyak mengandung gula. Mengonsumsi sereal dengan susu, kita bisa mendapatkan tambahan nutrisi seperti kalsium, yodium, dan vitamin B.

3. Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga baik saat sahur. Yogurt mengandung protein, kalsium, yodium, vitamin B, dan cairan yang baik untuk tubuh. Dikombinasi dengan sereal atau buah-buahan juga sangat pas.

4. Roti Gandum

Kita bisa memilih roti gandum untuk dijadikan stok makanan sahur darurat. Bisa dikonsumsi dengan pisang, keju, atau susu. Karena tekstur roti yang cukup keras, imbangi dengan minum banyak air putih. Akan makin sempurna bila kita bisa mengonsumsinya dengan sup kaldu daging sapi atau daging ayam untuk mendapatkan asupan protein yang cukup untuk tubuh.

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak saat sahur, ya. Cukupi kebutuhan protein, nutrisi, dan vitamin tubuh dengan baik supaya beraktivitas dengan lebih optimal selama bulan Ramadan.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading