Sukses

Lifestyle

Proses Belajar Mengajar Terbatas, Tetap Semangat Jalani Hari dengan Positif

Fimela.com, Jakarta Mengubah rutinitas di tengah panedemi virus corona ini memang tidak mudah. Mengatasi rasa cemas dan was-was pun membuat kita tak nyaman. Kita semua pun berharap semua keadaan akan segera membaik. Melalui Lomba Share Your Stories: Berbagi Cerita tentang Pandemi Virus Corona ini Sahabat Fimela berbagai cerita dan harapannya di situasi ini. Langsung ikuti tulisannya di sini, ya.

***

Oleh: Azzura Nisryna

Mengisolasi diri sendiri di rumah itu benar-benar membosankan, ya? Ya, aku juga merasakan betapa monotonnya hidup ini kalau cuman terus-terusan di rumah. Sebagai pelajar sekolah menengah, tentu aku tak lepas dari yang namanya tugas selama quarantine ini. Jujur sebenarnya aku tuh sebel banget kalau guru dikit-dikit minta foto, video, walaupun aku tahu itu semua adalah buat bukti kalau kita tetap belajar walaupun di rumah. Tapi kalau menurutku, cukup mengirimkan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu saja sudah cukup untuk membuktikan kalau kita tetap belajar walaupun di rumah.

Oh iya, di sela-sela kesibukan nugas, aku juga tetap mengejar ketertinggalanku di pelajaran yang masih kurang dipahami. Mungkin, sebagian dari kita, termasuk aku juga, kalau guru sudah ngasih tugas, kita tinggal searching jawaban di Google terus copas aja tanpa memahami apa yang sedang kita kerjakan, bener gak? Nah, kalau aku ngerasa belum memahami suatu materi, aku menganggapnya itu sebagai ketertinggalan.

Untuk mengejar ketertinggalan itu, aku bakal berusaha buat memahami kembali materi tersebut dengan menonton video pembelajaran, lalu merangkumnya di catatan dengan rapi. Mungkin, ini bisa dijadikan tips bagi kalian yang masih banyak belum memahami beberapa materi pelajaran. Memang selama quarantine ini, proses belajar dan mengajar jadi sedikit terbatas, sehingga membuat kita jadi kurang menguasai beberapa materi. Tapi, kita kan tidak tahu sampai kapan kita akan terus belajar di rumah kan? Jadi untuk mempersiapkan diri, jaga-jaga kalau nanti ada ujian, ada baiknya kita tetap menguasai semua materi.

Selain ngerjain tugas, selama quarantine aku juga suka menyalurkan hobiku. Jadi kalau misalnya aku lagi bosan dan malas nugas melulu, aku bakal melampiaskan kebosananku lewat hobi, yang kebetulan hobiku itu adalah menggambar. Dan menurutku pribadi, menyalurkan hobi itu bisa meningkatkan mood kita lho!

Mengisi Waktu dengan Melakukan Hobi

Nugas sudah, hobi sudah, apa lagi ya? Ya kita juga butuh hiburan. Hiburan itu menurutku nggak melulu main medsos, nonton TV, tapi ada hiburan yang lebih membahagiakan selama quarantine ini. Selama ini kan, kita jarang banget ada di rumah, kita punya kepentingan di luar seperti sekolah, bekerja, tapi saat ini, kita semua nggak bisa keluar rumah, dan ini harusnya menjadi kesempatan kita buat berbagi cerita bareng keluarga, atau bagi yang punya saudara seperti aku, bermain dengan saudara itu nggak kalah seru lho dengan main sama teman!

Terus juga tetap menjaga kebersihan. Jujur kalau aku nih, di libur-libur sebelumnya, aku tuh mandi cuman sehari sekali, hehe. Mungkin ada juga nih yang sama kayak aku, iya nggak? Tapi sejak ada pandemi corona ini, aku jadi tahu kalau menjaga kebersihan itu penting banget. Walaupun buat yang ini, aku masih sering ditegasin sama ortu aku karena dasar akunya yang malas sih, hehehe jangan ditiru ya! Tapi nanti kalau coronanya sudah hilang, jangan balik lagi ke awal ya, selama libur mandinya cuman sehari sekali. Oh iya, selain kebersihan diri, kebersihan rumah jangan dilupakan juga.

Nah ini, biar masa-masa quarantine-ku lebih produktif lagi, aku sering searching di internet lomba-lomba online yang mungkin masih bisa aku lakukan walaupun aku di rumah! Mungkin kalian bisa coba juga, lumayan kan selain menghilangkan kebosanan di rumah, kalau menang lombanya kita dapat untung juga.

Nah ini yang terakhir, dan yang paling penting dari yang terpenting. Seperti yang kita semua tahu, saat ini ibadah tidak dilaksanakan di tempat ibadah seperti biasanya. Tapi bukan berarti kita jadi nggak bisa ibadah ya! Ibadahnya cuman dipindah tempatkan saja ke rumah. Selain melaksanakan ibadah wajib, nggak ada salahnya kita melaksanakan ibadah yang lain, misalnya, aku merupakan seorang muslim, jadi nggak ada salahnya aku melaksanakan ibadah sunnah seperti salat dhuha, perbanyak tadarus Al Quran dan menambah hafalan. Kalau bagi yang beragama lain, mungkin ada ibadah yang masih bisa dilaksanakan di rumah. Mana tahu kan, dengan ibadah yang kita lakukan selama ini, bisa menjadi salah satu usaha kita agar masalah corona ini cepat selesai. Tetap semangat. Mungkin itu saja, rutinitasku selama quarantine, semoga ini bisa jadi inspirasi buat kalian semua supaya tetap melakukan kegiatan positif dan produktif selama quarantine, ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading