Ini Manfaat Air Rebusan Beras saat Maag dan Diare

Febi Anindya Kirana17 Apr 2020, 13:15 WIB
air tajin

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika salah makan, telat makan atau yang lainnya, kita bisa mengalami sakit perut, maag atau diare yang menyiksa. Selain obat yang bisa dibeli di apotek, tubuh juga memerlukan makanan yang tepat untuk mengatasi gejalanya.

Umumnya orang yang mengalami gangguan pencernaan akan disarankan makan makanan yang bergizi namun mudah dicerna. Secara mengejutkan ternyata air rebusan beras atau disebut juga air tajin mampu mengurangi derita maag dan diare.

Caranya cukup sederhana, yang perlu disiapkan hanya beras yang sudah dicuci bersih dan air yang cukup banyak. Gunakan perbandingan 1:2 antara beras dan air. Bisa juga mencoba resep berikut ini.

Bahan:

bubur tajin
ilustrasi air rebusan beras/copyright Alpha_7D (Shutterstock)
  • 1 cup beras, cuci bersih
  • 250 ml air

Cara membuat:

  1. Campurkan beras dan air, rebus hingga mendidih dan beras mulai masak. Aduk-aduk dan ambil airnya yang kental dan berwarna putih saat beras sudah setengah matang.
  2. Tambahkan sedikit garam dan gula jika ingin memiliki rasa. Minum selagi hangat.

Air rebusan beras atau air tajin ini berfungsi menetralkan asam lambung di perut sehingga ampuh meredakan rasa sakit perut. Karena kaya kandungan karbohidrat sederhana dari beras yang dimasak, cairan kental ini lebih mudah diserap oleh usus dan memberi lebih banyak tenaga untuk tubuh, dan jika dikonsumsi selagi hangat juga akan menenangkan dinding perut yang tersiksa.

Selain itu, air tajin dapat mengurangi frekuensi buang air besar saat diare karena membantu memadatkan feses di sistem pencernaan. Cara ini juga bisa digunakan untuk anak-anak yang mengalami diare.

Jadi, jika tiba-tiba sakit perut karena maag atau diare, segera lakukan pengobatan alami ini sementara minum obat untuk mengatasinya ya Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓