Sukses

Lifestyle

Apakah Puasa di Bulan Ramadan Bisa Menurunkan Badan? Ini Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Bulan puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengintrospeksi diri, memperbanyak ibadah, dan saling berbagi kepada orang lain. Puasa juga sangat baik untu kesehatan tubuh kamu. Mungkin ini juga waktu yang tepat jika kamu ingin menurunkan berat bedan.

Melansir dari gulfnews, saat kamu puasa, tubuh akan membakar kalori lebih lambat. Ia beralih dari memanfaatkan karbohidrat menjadi lemak sebagai bahan bakar utama dan memastikan sumber energi yang konstan bagi tubuh.

Puasa dapat memicu reaksi biokimiawi dari hormon glukagon dan kortisol yang merangsang pelepasan asam lemak dari jaringan lemak ke dalam aliran darah. Asam lemak diambil oleh otot dan jaringan lain dan dipecah, dioksidasi untuk menghasilkan energi dalam sel. 

 

 

Benarkah puasa bisa menurunkan berat badan?

Makan memicu hormon insulin ke dalam darah untuk memindahkan glukosa ke otot dan jaringan untuk digunakan sebagai energi. Glukosa yang berlebihan diubah menjadi lemak dan disimpan.

Namun, cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan memilih rencana makan sehat yang bisa diikuti dalam jangka panjang. Ramadan bisa menjadi peluang bagus untuk mengadopsi modifikasi diet sehat jika kamu ingin menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunannya. Tentunya dengan berbagai makanan sehat dan buah-buahan yang dapat mengisi nutrisi tubuh pada saat berpuasa. Kurangi juga mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis dan berminyak. 

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading