Sukses

Lifestyle

Memahami Dua Keistimewaan Ramadan agar Puasa Lebih Semangat

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan umat Islam yang memenuhi syariat diwajibkan berpuasa. Berpuasa sebulan penuh mungkin terasa cukup berat. Namun, bila diniatkan untuk ibadah dan dilakukan dengan baik, ada banyak berkah yang bisa kita dapatkan di bulan suci ini. Bahkan kita bisa menggapai keistimewaan bulan Ramadan.

Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah. Mengutip buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, bulan Ramadan memiliki dua keistimewaan. Yuk, kita pahami keistimewaannya supaya kita bisa lebih bersemangat dalam beribadah, khususnya dalam menunaikan ibadah puasa.

1. Pintu-Pintu Surga Dibuka

Abu Hurairah, ra. mengabarkan, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Apabila datang bulan Ramadan, maka dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, serta semua setan dibelenggu." (HR. Muslim dari Abu Hurairah ra.)

Di bulan yang suci ini, pintu-pintu surga dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka ditutup. Maksimalkan kesempatan untuk lebih banyak beribadah dan berdoa. Manfaatkan bulan Ramadan untuk mendapat lebih banyak berkat dan rahmat. Keistimewaan ini tidak ada pada bulan-bulan lain. Selagi masih ada waktu dan kesempatan, maka kita upayakan untuk beribadah sebaik-baiknya, ya.

2. Bulan Penghapusan Dosa

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa berpuasa bulan Ramadan dengan beriman dan mengharap rida Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya pada masa lalu." (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra.)

Masing-masing dari kita punya dosa. Ada hal-hal dan kesalahan-kesalahan yang pernah kita buat. Baik disengaja maupun tidak disengaja. Banyak dosa yang kita punya dalam hidup ini. Bulan Ramadan dapat menjadi bulan terbaik untuk bertaubat dan meminta ampunan. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh ampunan. Jalankan ibadah puasa dengan niat sungguh-sungguh untuk mengharap rida-Nya supaya dosa-dosa kita terampuni dan taubat kita diterima.

Semoga bulan Ramadan ini menjadi bulan yang lebih baik dari sebelumnya. Kita jalankan setiap ibadah dengan baik. Tetap semangat puasanya, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading