Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Termometer Sebelum Digunakan Kembali

Fimela.com, Jakarta Termometer sangat diperlukan untuk mengukur suhu tubuh seseorang yang sedang sakit untuk mengetahui apakah demam tersebut butuh penangan lebih lanjut atau tidak. Ada baiknya untuk kamu mempunyai termometer dirumah.

Melansir dari purewow.com, ada berbagai jenis termometer. Hampir semuanya memiliki manfaat yang sama. Jika kamu ingin menggunakan termometer, ada baiknya untuk membersihkannya terlebih dahulu. Jika kamu melewatkannya, itu akan sangat mudah untuk bakteri atau virus ke seseorang yang sedang sakit.

Berdasarkan jenisnya, berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan termometer dan memastikannya dalam keadaan bersih sebelum digunakan.

1. Termometer digital

Termometer digital adalah termometer yang nyaman dan banyak dijual dipasaran. Pemakaiannyapun juga cepat dan mudah. Untuk membersihkan termometer digital, cuci ujung dan bagian apa pun yang bersentuhan dengan seseorang dengan sabun dan air selama 20 detik seperti yang kamu lakukan selagi mencuci tangan. Usahakan setengah termometer dari layar tidak terlalu basah karena dapat merusaknya. Anda juga dapat mengeringkannya secara menyeluruh dengan lap berbasis alkohol setidaknya 60 persen alkohol. 

Cara membersihkan termometer

2. Termometer temporal

Pemindai inframerah ini dengan lembut menyapu dahi seseorang sehingga dapat mengukur suhu arteri temporal mereka. Termometer ini juga sangat aman karena alat ini dapat digunakan tanpa bersentuhan langsung dengan seseorang. Membersihkannya juga sangat mudah, kamu dapat menyekanya dengan handuk kertas bersih yang dicelupkan ke alkohol gosok 60 persen atau lebih besar.

3. Termometer telinga

Termometer jenis ini biasanya digunakan untuk bayi di bawah 3 tahun, termometer telinga dimasukkan dengan lembut ke saluran telinga untuk mendapatkan suhu. Untuk membersihkannya, hindari untuk merendamnya dengan dalam air. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan lap desinfektan untuk membersihkannya setelah digunakan.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading