Sukses

Lifestyle

Tips Mudah Berbelanja dan Menyimpan Makanan saat Memasuki Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Belanja makanan untuk Ramadan akan selalu menjadi tugas besar bagi individu dan rumah tangga. Beberapa makanan memiliki masa konsumsi yang lebih pendek sehingga jika tidak dikonsumsi dengan cepat, dapat segera rusak. Selama Ramadan, sebagian besar orang cenderung membeli banyak produk makanan. Hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang berlebihan dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi pemborosan. Di bawah ini adalah tips yang akan membantu ketika membuat daftar pembelian makanan selama bulan Ramadan dan cara untuk menyimpannya.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran harus dikonsumsi lebih sering selama bulan Ramadan. Mereka berfungsi sebagai peran penting dalam diet individu yang secara langsung berkaitan dengan tujuan Ramadan. Ini bisa dalam bentuk apa pun baik buah kering atau beku sekalipun. Untuk menyimpannya supaya lebih tahan lama yaitu, untuk sayuran dan buah segar, simpan di duhu ruangan selama beberapa waktu, kemudian simpan di melari pendingin. Simpan kurma dan buah-buahan kering lainnya dapat disimpan dalam toples kedap udara.

Daging

Idealnya seseorang harus membeli daging setiap minggu. Buat estimasi jumlah daging untuk digunakan setiap minggu. Ini akan membantu untuk mengontrol keuangnmu sehingga tidak melebihi pengeluaran. Hindari membeli daging yang bertahan lebih dari seminggu di lemari es. Jika ingin menyimpan daging, simpanlah di freezer dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. 

Roti

Beli roti dalam jumlah wajar yang mungkin dibutuhkan. Sering terjadi bahwa konsumsi roti berkurang selama bulan Ramadan karena banyak anggota keluarga yang memilih makan penuh dan memiliki lebih sedikit sandwich. Cara untuk membekukan roti yaitu dengan membekukannya, jika ingin mengonsumsinya dapat memanaskannya dalam oven.

Telur

Membeli telur dalam jumlah besar selalu bisa menjadi masalah. Menyimpan telur dalam lemari es dengan porositas telur dapat menyebabkan telur memberikan rasa yang sedikit tajam dari makanan lainnya yang disimpan dengan bersamaan. Cara untuk mengawetkannya yaitu dengan simpan di karton dan letakkan di lemari dapur.

Susu

Pertimbangkan tanggal kadaluwarsa dari produk yang dibeli. Selain itu dikatakan bahwa selama bulan Ramadan, selalu ada kekurangan produk makanan atau kenaikan harga. Jadi agar sesuai anggaran, belilah produk makanan sebelum Ramadan. Simpan susu di lemari pendingin untuk menjaga kesegarannya.

Usahakan untuk melakukan belanja makanan sewajarnya, karena penimbunan hanya akan memperburuk keawetan makanan dan membuat pengeluaran semakin bertambah lebih banyak dari biasanya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading