Sukses

Lifestyle

Palembang Akan Segera Terapkan PSBB untuk Tekan Penyebaran Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Palembang akan menjadi kota berikutnya yang akan menerapkan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk kota Palembang dan Prabumulih. Menurut pemerintah setempat, langkah ini sudah harus dilakukan mengingat masih terjadinya peningkatkan jumlah pasien infeksi virus corona.

Pemerintah Kota Palembang pun sudah mengajukan usulan terkait penerapan PSBB inni kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Kota ini menjadi salah satu zona merah virus corona di Sumatera Selatan setelah terjadi lonjakan jumlah pasien yang terinfeksi sebanyak 52 kasus dalam tiga hari. Dari 37 kasus menjadi 89 kasus pada Sabtu lalu.

Menanggapi langkah tersebut, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendukung kebijakan pemkot untuk pemberlakukan PSBB. Hanya saja dirinya meminta pemkot untuk memastikan ketersediaan dan jaminan pangan serta kebutuhan dasar masyarakat selama PSBB yang akan berlangsung.

Kini, pemkot pun tengah menyiapkan instruksi Walikota sebagai salah satu aturan yang lebih mengikat daripada Surat Edaran bagi masyarakat. Instruksi Walikota ini disebut sebagai bagian dari persiapan kota Palembang sebelum memberlakukan sistem PSBB. Pemerintah setempat pun juga masih menyusun skema aturan terkait PSBB ini. Sehingga aturan yang ditetapkan jelas dan bisa dipahami masyarakat.

 

Sudah memenuhi kriteria PSBB

Menurut Sekda Ratu Dewa yang menjadi Wakil Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Palembang menyebut bahwa kota ini sudah memenuhi kriteria untuk memberlakukan PSBB. Mulai dari peningkatan kasus, penyebaran kasus, jumlah transmisi lokal, sarana prasarana kesehatan, hingga keamanan.

Data tersebut hanya perlu sedikit lagi dilengkapi untuk kemudian diajukan kepada Kementerian Kesehatan. Sehingga pemberlakuan PSBB bisa segera terlaksana. 

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading